7 Tips Membersihkan Makeup, Jangan Cuma Cuci Muka!

Berikut beberapa tahapan membersihkan makeup yang bisa kamu coba terapkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 25 April 2024 icon 12:00 WIB
7 Tips Membersihkan Makeup, Jangan Cuma Cuci Muka!

Ilustrasi perempuan membersihkan makeup di wajah (Freepik/KamranAydinov)

Setelah beraktivitas seharian, kamu mungkin ingin segera pergi istirahat dan tidur nyenyak. Namun, sebaiknya jangan sampai sengaja tidak membersihkan makeup di wajah.

Cara membersihkan makeup juga tak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terlebih jika kamu terbiasa memakai makeup tebal. Dilansir dari Suara.com, berikut tipsnya.

1. Pilih pembersih makeup yang tepat

Baca Juga: Soft Playful Makeup, Gunakan 6 Produk Kecantikan Ini

Pilih pembersih makeup yang sesuai jenis dan kondisi kulit. Jika kulitmu berminyak, pilih pembersih yang bisa mengangkat kotoran dan minyak tanpa membuatnya kering. Jika kulitmu sensitif, pilih pembersih yang lembut dan bebas bahan-bahan yang memicu iritasi.

2. Basahi wajah dengan air bersih

Disarankan membasahi wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori, melunakkan komedo, dan membantu meluruhkan sisa makeup.

Baca Juga: Ramaikan Tren My Makeup Routine, Erina Gudono Ungkap Produk Kosmetik Andalannya

3. Gunakan pembersih makeup

Aplikasikan pembersih makeup secara merata ke seluruh wajah. Gunakan jari atau kapas lembut untuk menggosok lembut wajah. 

Hindari menggosok wajah terlalu keras, terlebih bagian sensitif seperti area mata. Cukup usap lembut dengan gerakan melingkar untuk mengangkat makeup tanpa mengiritasi kulit.

4. Bilas dengan air bersih

Bilas wajah dengan air hangat untuk menghilangkan sisa pembersih dan makeup. Pastikan wajah sudah bersih sepenuhnya, terutama di sekitar garis rambut, hidung, dan dagu.

5. Keringkan dengan lembut

Keringkan dengan tepuk-tepuk wajah menggunakan handuk bersih atau tisu lembut. Jangan menggosok wajah dengan kasar karena bisa menyebabkan iritasi.

6. Gunakan toner

Aplikasikan toner setelah membersihkan wajah. Fungsinya adalah untuk mengembalikan pH kulit dan membersihkan sisa-sisa kotoran atau makeup yang mungkin masih tertinggal.

7. Lanjutkan dengan rutinitas skincare

Baca Juga: Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Jika wajah sudah bersih, lanjutkan dengan perawatan kulit rutin andalanmu, seperti serum, pelembap, dan produk-produk perawatan kulit lain sesuai kebutuhan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI