Beauty

Sering Muncul di Kemasan Skincare, Sudah Tahu Arti 5 Istilah Ini?

Coba baca baik-baik kemasan skincare milikmu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

The New Trio Super Volcanic Pore Mask by Innisfree. (Instagram/@innisfreeindonesia)
The New Trio Super Volcanic Pore Mask by Innisfree. (Instagram/@innisfreeindonesia)

Dewiku.com - Dalam kemasan skincare, kita seringkali menemukan berbagai istilah yang terdengar asing di telinga. Biasanya kita malas mencari tahu arti dari istilah tersebut. Padahal, istilah-istilah dalam dunia kecantikan sangat penting untuk kita, lho.

Yuk simak arti dari 5 istilah dalam kemasan skincare berikut ini.

Natural

Istilah ini pasti sudah sering kita dengar. Secara garis besar, natural sama artinya dengan alami. Jadi, kalau kamu menemukan istilah natural dalam kemasan skincare, itu artinya produk skincare tersebut terbuat dari bahan alam, bukan diciptakan secara buatan dalam laboratorium.

Karakter yang paling menonjol dalam skincare natural adalah masa kedaluwarsanya lebih cepat dibandingkan bahan buatan. Biasanya, skincare natural juga minim dalam penggunaan bahan pengawet. Itulah sebabnya produk natural umurnya jadi nggak begitu panjang.

The Ordinary skincare. (Instagram/@deciem)
The Ordinary skincare. (Instagram/@deciem)

Alcohol-Free

Secara umum, kandungan alkohol dalam produk skincare dibagi jadi tiga, yaitu berlemak, beraroma, dan simpel alkohol. Alkohol berlemak atau fatty alkohol yang biasanya dijumpai dengan istilah cetyl alcohol atau caprylic alcohol berfungsi sebagai kunci kelembapan kulit.

Alkohol beraroma seperti benzyl alcohol, sering kita temui dalam produk-produk pewangi seperti parfum. Nah, alkohol seperti isopropyl alcohol dan denatured alcohol bisa menyebabkan kulit kering jika digunakan berlebihan.

Active Ingredients

Nah, istilah ini juga nggak kalah sering ditemui dalam kemasan skincare. Active Ingredients artinya produk ini memiliki kandungan aktif yang bisa memberi efek langsung pada kulit, seperti produk yang mengandung AHA, BHA, Retinol, dan vitamin C.

Ilustrasi acne-fighting body wash. (Instagram/thebodyshop)
Ilustrasi skincare. (Instagram/thebodyshop)

Non-comedogenic

Sering baca tulisan non-comedogenic dalam kemasan makeup? Artinya, produk tersebut tidak menyumbat pori-pori sehingga aman dan tidak menimbulkan komedo pada wajah. Jadi kalau kamu sedang cari makeup, pastikan baca baik-baik komposisinya dan carilah yang non-comedogenic.

Hypoallergenic

Pada umumnya, istilah ini digunakan untuk produk yang tidak menghasilkan reaksi alergi. Meski begitu, alergi bisa menyerang siapa saja, termasuk walau menggunakan produk hypoallergenic. Semua ini ditentukan dari jenis kulit masing-masing.

Itulah tadi beberapa istilah yang sering muncul dalam kemasan skincare. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini