Wajib Catat, 7 Manfaat Susu Sapi untuk Perawatan Kecantikan

Perawatan kecantikan secara alami semakin diminati.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 26 Februari 2019 icon 08:30 WIB
Wajib Catat, 7 Manfaat Susu Sapi untuk Perawatan Kecantikan

Air susu. (Pixabay/falovelykids)

Susu sapi bukan hanya bermanfaat kesehatan tubuh karena memiliki kandungan protein, fosfor, kalsium, mineral, dan vitamin. Manfaat susu juga baik untuk perawatan kecantikan.

Susu sapi ternyata cukup baik untuk perawatan kecantikan seperti dilansir dari Hello Sehat berikut ini. Apa saja, ya? 

1. Pembersih dan exfoliator

Baca Juga: Anjing Peliharaan Ini Dapat Perawatan Setara Spa Mewah, Lihat Ekspresinya!

Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran minyak dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, kotoran dari protein dengan bantuan protease, dan sel-sel kulit mati dengan asam laktat. Kulit akan semakin lembut dan bersinar.

Caranya, basahi kapas dengan susu, lalu usapkan pada wajah. Setelah 5 menit, bilas dengan air. Kamu juga bisa menghaluskan dua potong pepaya dan susu. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah dan leher. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin.

Air susu. (Pixabay/Couleur)
Air susu. (Pixabay/Couleur)

2. Pelembap untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah

Baca Juga: Ini Alasan Milenials Suka Perawatan Kecantikan ala Korea

Susu merupakan kesatuan dari air, lemak, dan protein yang dapat menggantikan kembali faktor pelembap alami pada tipe kulit kering, meningkatkan elastisitas kulit, serta menjadikan kulit lembut dan bersinar. Caranya, oleskan susu di seluruh wajah dan leher, diamkan hingga sepuluh menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Kamu juga bisa mencampur dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering selama 10 menit.

3. Mencerahkan kulit

Manfaat susu untuk perawatan kecantikan berikutnya adalah mencerahkan kulit. Susu mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen.

Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan dua sendok makan air hangat. Oleskan ke seluruh wajah, biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat. Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit cerah dan bersinar.

Ilustrasi masker jagung. (Pexels)
Ilustrasi masker susu. (Pexels)

4. Anti penuaan

Susu dapat mengurangi keriput dengan kandungan enzim, protein, mineral dan vitamin. Kamu bisa mencampur pisang yang sudah dihaluskan dan beberapa sendok makan susu. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air. Masker ini akan menyamarkan garis-garis wajah dan juga mencerahkan wajah.

5. Pembersih untuk kulit sensitif

Ketika kulitmu iritasi, berhentilah memakai produk perawatan kulit. Pijat kulit wajah dengan susu dua kali sehari (jika kulit tidak rawan berjerawat), lanjutkan dengan kapas basah dan tepuk perlahan.

Berjemur di bawah sinar matahari. (Pexels)
Berjemur di bawah sinar matahari. (Pexels)

6. Kompres dingin untuk kulit terbakar matahari

Susu dapat menyejukkan kulit yang terbakar dengan bantuan anti-inflamasi dan fungsi pelembap. Hanya dengan menggunakan buttermilk langsung pada kulit akan membuatnya terasa dingin dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

7. Mengecilkan pori-pori

Sour cream dan sour milk dapat membantu mengecilkan pori-pori. Jika kamu punya pori-pori yang besar dan terbuka, ambil sour cream dan oleskan di muka serta leher. Seluruh produk susu dapat mengecilkan pori-pori yang besar.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Face Oil Ini Juga Punya Banyak Manfaat

Wah, jangan sia-siakan susu sapi yang ada di kulkas, ya. Sudah tahu kalau ada begitu banyak manfaat susu untuk perawatan kecantikan, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI