Beauty

Jangan Latah, Ini Tips Memilih Skincare Aman

Berikut tips memilih skincare aman.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi wajah perempuan. (Unsplash/Sarah Comeau)
Ilustrasi wajah perempuan. (Unsplash/Sarah Comeau)

Dewiku.com - Perawatan wajah menggunakan beragam produk skincare memang sedang digandrungi. Banyak yang mengandalkannya untuk mendapatkan kulit kencang dan mulus dari jerawat serta keriput.

Namun tidak sedikit dari produk-produk tersebut yang mengandung bahan kimia berbahaya. Ironisnya, bisa jadi para konsumen hanya latah mengikuti tren untuk membeli skincare tersebut.

Dalam hal ini, dr. Lilis Rohaeni, Dokter Estetik yang menjadi pemateri dalam soft launching produk Giffarine yang juga menawarkan produk skincare, memaparkan cara memilih skincare yang bagus dan aman:

1. Perhatikan jenis kulit

Secara garis besar, ada tiga jenis kulit yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk skincare mana yang akan kita gunakan dan tepat untuk kulit.

Kamu bisa mengetahui jenis kulit melalui pengecekan di klinik kecantikan atau research sendiri di internet dan mencocokkannya dengan ciri-ciri kulit yang kamu miliki, lalu pilih skincare sesuai.

Wajah kencang tanpa operasi plastik. (Unsplash/Kal Loftus)
Wajah kencang tanpa operasi plastik. (Unsplash/Kal Loftus)

2. Jangan pilih skincare yang tawarkan hasil instan 

Skincare merupakan perawatan yang memberikan banyak manfaat tapi bukan berarti harus instan. Produk yang bagus dan aman butuh proses dan masa perubahan akan terlihat setelah 2-3 bulan pemakaian.

3. Hindari produk wangi

Banyak dari produk yang beredar di pasaran menawarkan skincare wangi sebagai daya tarik terhadap kosumen. Hanya saja perlu diketahui, wewangian tersebut sering mengandung alkohol sehingga tidak baik bagi kesehatan kulit.

Sebagian dari produk-produk tersebut juga mengandung senyawa sintetis yang berasal dari bahan kimia berbahaya.

4. Skincare berbahan dasar alami

Saat membeli skincare, kandungan bahan dasar alami juga perlu dipertimbangkan. Produk perawatan dan kecantikan terbaik adalah yang berbahan dasar alami seperti buah. Oleh karena ini, baca dan kenali dulu bahan utama skincare yang ingin dibeli. 

Ilustrasi makeup share in jar. (Unsplash/ANDI WHISKEY)
Ilustrasi skincare berbahan alami. (Unsplash/ANDI WHISKEY)

5. Produk sebabkan ketergantungan, tinggalkan

Perawatan wajah memang mesti berkelanjutan tapi bukan berarti membuatmu jadi ketergantungan. Jika produk skincare yang kamu gunakan sekarang memberikan efek ketergantungan, atau kulit wajah kembali bermasalah setelah penghentian pemakaian, maka segera hentikan pemakaian. 

Produk yang aman dan alami tidak menyebabkan ketergantungan. Jika sebaliknya, maka ada dugaan produk ini mengandung hidrokinon yakni bahan kimia berbahaya yang memiliki efek samping ketergantungan pada pemakainya.

Dalam kesempatan tersebut, dr Lilis Rohaeni juga menyampaikan bahwa dia sudah menggunakan produk skincare Giffarine. Dia mengatakan produk itu aman untuk perawatan kecantikan kulit wajah dengan hasil mendapatkan kulit kencang dan mulus dari jerawat serta keriput. (Suara.com/Silfa Humairah Utami)

Berita Terkait

Berita Terkini