Beauty

3 Faktor Sukses K-Beauty, Inspirasi Pengembangan Produk Kecantikan Lokal

Ada beberapa faktor kesuksesan K-Beauty yang bisa diterapkan pada pengembangan produk kecantikan lokal.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Irene Red Velvet. (Instagram/@redvelvet.smtown)
Irene Red Velvet. (Instagram/@redvelvet.smtown)

Dewiku.com - Kepopuleran Korean Beauty (K-Beauty) semakin diakui masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. K-Beauty terbilang sukses dalam mengembangkan berbagai variasi produk kecantikan, mulai dari makeup hingga skincare.

Di balik populernya K-Beauty, terdapat beberapa faktor sukses yang berkembang dari berbagai karakteristik sehingga membuatnya dicintai banyak orang.

Melalui rilis yang diterima Dewiku.com belum lama ini, PT Cosmax Indonesia sebagai manufaktur kosmetik asal Korea Selatan di Indonesia memperkenalkan istilah "H.Y.B.R.I.D – Hibrida, Young, Be Quick, Reasonable, Idol, Derma" yang terdiri dari beberapa karakteristik penunjang kesuksesan K-Beauty, khususnya di Indonesia.

Beberapa karakteristik yang menjadi faktor kesuksesan K-Beauty antara lain keterjangkauan harga produk (Reasonable), inspirasi makeup dan skincare dari Idola (Idol), dan kebutuhan akan produk yang 'ramah kulit' (Derma/Dermal).

Yoona SNSD. (Instagram/@yoona__lim)
Yoona SNSD. (Instagram/@yoona__lim)

Bicara soal faktor Reasonable, produk K-Beauty menawarkan harga yang sesuai ataupun terjangkau dengan kualitas produk mumpuni. Tanpa menurunkan kualitas produk, K-Beauty berani menawarkan harga yang masuk akal agar dapat mencapai berbagai macam khalayak dan target pasar.

K-Beauty bahkan semakin gencar berinovasi dalam formulasi dan kemasan dengan harga produk jadi (finished goods) terbaik. Efektivitas produk pun dapat dirasakan oleh pengguna tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak uang. Maka dari itu, banyak orang dari berbagai belahan dunia beralih kepada K-Beauty yang terkenal dengan kemampuannya dalam merawat kulit dan mempercantik diri.

Gelombang Korea atau Korean Wave di Tanah Air diawali dengan kepopuleran K-Drama dan K-Pop. Paras rupawan artis Korea mengundang kekaguman banyak penggemar. Terinspirasi visual nyaris sempurna, rutinitas perawatan kulit serta gaya riasan aktor dan idol pun jadi menarik perhatian sehingga memicu tren penggunaan produk K-Beauty.

Khalayak mulai berusaha merawat diri dan berekspektasi mendapatkan kondisi kulit yang terlihat mulus dan terawat seperti idola mereka dengan menggunakan produk kecantikan asal Negeri Ginseng.

Tidak hanya itu, gaya berdandan yang tampak lebih natural tapi tetap terlihat menawan ala idol, bikin penggemar ingin mendapatkan tampilan serupa. Lagi-lagi, melakukannya dengan menggunakan produk-produk K-Beauty.

V BTS. (Instagram/@bts.bighitofficial)
V BTS. (Instagram/@bts.bighitofficial)

Formulasi produk yang cenderung menggunakan bahan-bahan aktif dan natural, serta pemilihan warna makeup yang cenderung unik, khas, dan masih jarang dimiliki oleh merk kosmetik global sekalipun, menjadi alasan lain mengapa K-Beauty sukses menarik para penggemar idol menjadi penggunanya.

Faktor ketiga yang bisa dikatakan menjadi titik kesuksesan tertinggi K-Beauty ialah Derma atau 'ramah kulit'. Produk-produk yang ditawarkan memiliki formulasi yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi kulit sehingga dipercaya efektif mengobati ataupun mengurangi masalah-masalah kulit.

Inovasi K-Beauty yang tiada hentinya melakukan pengembangan dan penelitian, memberi keyakinan lebih bagi konsumen untuk terus menggunakan beragam produk yang memiliki efek dermatologis layaknya pergi ke klinik kecantikan.

Faktor-faktor penunjang kesuksesan K-Beauty tentunya dapat juga diterapkan bagi perkembangan industri kosmetik lokal. Penting sekali bagi pemain dalam industri ini untuk terinspirasi serta mengadaptasi nilai-nilai yang membuat K-Beauty sukses di pasaran.

Merk-merk kosmetik lokal saat ini memiliki potensi besar dalam memenuhi permintaan konsumen yang belakangan semakin berfokus pada perawatan diri. Itu bisa dibilang sedikit demi sedikit mulai mengadaptasi nilai dari Korea Selatan dan mengasimilasikannya dengan nilai serta tren yang ada di Indonesia.

Skin Barrier Water Cream, Dear Me Beauty (Instagram/@dearmebeauty)
Skin Barrier Water Cream, Dear Me Beauty (Instagram/@dearmebeauty)

Dalam rangka mendukung kemajuan industri kosmetik di Indonesia, PT Cosmax Indonesia sebagai perwakilan utama dalam membawa faktor sukses K-Beauty ke Indonesia, berkomitmen membantu industri kecantikan Indonesia agar dapat mengadaptasi faktor sukses tersebut.

Pada akhirnya, industri kecantikan lokal diharapkan punya faktor kesuksesannya sendiri, dimulai dari produksi makeup dan skincare yang trendi, terjangkau, berkualitas, dan efektif dalam mengurangi masalah kulit yang dialami konsumen.

Saat ini, PT Cosmax Indonesia telah aktif berkontribusi dalam memproduksi produk-produk makeup dan skincare yang dicintai konsumen Indonesia dan digunakan para idola Tanah Air karena dinilai efektif, menarik, serta terjangkau seperti Niacinamide Moisture Sabi Beet Serum dari Somethinc, Skin Barrier Water Cream dari Dear Me Beauty, dan lainnya.

Harapannya, berkembangnya industri kecantikan di Indonesia juga bisa menginspirasi negara lain di dunia, kemudian faktor kesuksesannya dapat diadaptasi kembali layaknya K-Beauty.

Berita Terkait

Berita Terkini