Beauty

Tak Perlu ke Salon, Simak 6 Langkah Facial Sendiri di Rumah

Agar perawatan wajah tetap bisa dilakukan secara optimal, coba facial sendiri di rumah, yuk!

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi Masker Wajah (Pexels/RF._.studio)
Ilustrasi Masker Wajah (Pexels/RF._.studio)

Dewiku.com - Perawatan wajah ala salon dan klinik kecantikan juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah, salah satunya facial. Kamu tidak perlu beli perlengkapan khusus karena bisa memanfaatkan peralatan sederhana dan produk perawatan wajah yang ada di rumah.

Supaya hasil facial optimal, simak 6 langkah melakukan facial di rumah berikut ini, seperti dilansir dari Times of India.

Bersihkan wajah

Langkah pertama untuk setiap perawatan kulit adalah membersihkan wajah. Jika kamu memakai makeup, pastikan kamu menghapusnya terlebih dahulu sampai bersih. Lalu, bersihkan menggunakan sabun wajah untuk menghilangkan sisa-sisanya.

Ilustrasi membersihkan wajah dengan tisu basah. (Unsplash/Septian Simon)
Ilustrasi membersihkan makeup. (Unsplash/Septian Simon)

Eksfoliasi

Pengelupasan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan memastikan bahwa produk yang kamu gunakan diserap dengan benar. Selain scrub yang tersedia di pasaran, kamu juga dapat menggunakan scrub wajah buatan sendiri. Misalnya, scrub menggunakan bubuk kopi yang dicampur dengan gel lidah buaya.

Menguapi wajah

Setelah benar-benar bersih, saatnya menguapi wajah dengan uap panas. Isi mangkuk dengan air panas yang tidak mendidih, kemudian celupkan handuk kecil ke dalamnya. Peras sisa air, dan kompres wajah dengan handuk tersebut. Lakukan selama setidaknya 5 menit.

Membersihkan komedo

Jika menggunakan alat ekstraktor untuk menghilangkan komedo, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati. Kamu juga bisa mengekstrak komedo menggunakan jari-jari. Hal yang harus kamu lakukan sebelumnya adalah mencuci tangan dan membungkus jari dengan tisu.

Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)
Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Masker wajah

Kamu bisa menggunakan masker wajah berbasis gel, clay, atau sheet mask. Kamu juga sah-sah saja memakai masker wajah buatan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan seperti yogurt, madu, dan alpukat. Biarkan masker wajah selama 10-15 menit, lalu bersihkan wajah dengan waslap basah.

Lembapkan dan pijat

Oleskan pelembap wajah secara menyeluruh sambil memijat wajah dengan lembut untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Kamu bisa memijat wajah menggunakan jade roller atau jari-jarimu.

Facial di rumah pun selesai. Kulit wajahmu akan terasa lebih segar dan bersih. Selamat mencoba! (*Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini