Hati-Hati! Ini Kata Dokter Kulit soal 10 Step Skincare ala Korea Selatan

Tren 10 step skincare ala Korea Selatan dikatakan belum tentu cocok untuk kondisi kulit setiap orang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 November 2021 icon 21:00 WIB
Hati-Hati! Ini Kata Dokter Kulit soal 10 Step Skincare ala Korea Selatan

Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)

Tren 10 step skincare ala Korea Selatan semakin populer dan diyakini bisa bikin kulit lebih glowing dan mulus. Lalu, perlukah masyarakat Indonesia mengikuti tipe perawatan kulit serupa?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo mengungkapkan, 10 step skincare belum tentu cocok untuk semua orang. Menurutnya, itu bukanlah basic skincare atau perawatan dasar kulit yang dibutuhkan setiap orang.

"Pada basic skincare yang dapat diterapkan untuk semua orang berupa, cleanser yang lembut, moisturizer sesuai jenis kulit, dan sunscreen," tutur dr. Arini dalam acara diskusi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Penting Banget! Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Skincare

Ia menambahkan, selain menggunakan cleanser, moisturizer dan sunscreen, pengaplikasian skincare harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan spesifik kulit orang tersebut.

Ilustrasi skincare/retinol (Envato)
Ilustrasi skincare/retinol (Envato)

"Misalnya apabila sedang berjerawat, dapat memilih toner yang membantu mengurangi jerawat, sedangkan penggunaan facial oil yang ditujukan antiaging misalnya dapat ditunda dulu," katanya menerangkan.

Walau demikian, dokter yang berpraktik di Dermatologist Jakarta itu mengakui 10 step skincare seperti toner, essence, serum sangat baik untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Kulit Lebih Bercahaya, Produk Skincare Ini Mengandung Ekstrak Edelweiss

Sebut saja toner yang bermanfaat mengembalikan pH kulit setelah membersihkan wajah. Penggunaan essence dan serum, selain dapat membantu melembapkan kulit, juga punya berbagai kandungan bahan aktif yang bermanfaat untuk kulit.

Namun, lagi-lagi dr. Arini menyarankan untuk menggunakan skincare sesuai kebutuhan dan jenis kulit. Jika cenderung berlebihan, justru bisa merusak kesehatan kulit.

"Penggunaan skincare yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan, jenis kulit, dan kondisi kulit terkadang malah dapat memberikan kerugian dibandingkan keuntungan," tandas dr. Arini.

Baca Juga: Apa Itu Tranexamic Acid? Terkenal Bisa Bikin Kulit Lebih Glowing

Adapun 10 step skincare dimulai dari penghapusan riasan makeup menggunakan cleansing berbahan dasar minyak, cleansing berbahan dasar air, eksfoliasi atau pengelupasan kulit, toner atau serum, sheet mask, krim mata, pelembap, dan tabir surya. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI