Percaya Bikin Rambut Lebih Sehat, Kisah Wanita Sudah 6 Tahun Menolak Pakai Sampo

Wanita tersebut hanya mencuci rambut dengan air selama 6 tahun.

By: Amertiya Saraswati icon Kamis, 17 Februari 2022 icon 21:42 WIB
Percaya Bikin Rambut Lebih Sehat, Kisah Wanita Sudah 6 Tahun Menolak Pakai Sampo

Ilustrasi Rambut (Pexels/Element5)

Mencuci rambut dengan sampo merupakan salat satu cara agar rambut tetap bersih dan sehat. Namun, wanita ini malah mengklaim rambutnya sehat karena keramas tanpa sampo.

Melansir Daily Mail, wanita bernama Laura Ashley tersebut mengikuti metode 'no poo' atau sebuah gerakan di mana orang-orang tidak memakai sampo untuk keramas.

Meski tidak menggunakan sampo, wanita 27 tahun asal California ini mengklaim bahwa rambutnya tetap sehat dan tidak bau.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Rambut Sambung, Bikin Hair Extension Lebih Tahan Lama

Lewat unggahan media sosial TikTok, Laura membagikan rutinitas perawatan rambutnya. Alih-alih menggunakan sampo atau kondisioner, Laura hanya menyisir rambut dan mencucinya dengan air.

Menurut Laura, ia pertama kali mengetahui soal gerakan tanpa sampo ini dari dunia maya.

Sejak saat itu, Laura ingin menghindari sampo buatan pabrik dan mencoba-coba mencari alternatif lain.

Baca Juga: Biar Pacar Ganteng Maksimal, Beritahu Pasangan Cara Pakai Pomade yang Benar

"Ini seperti percobaan mandiri. Aku ingat berpikir, bisakah aku membuat sampoku sendiri? Apa kita benar-benar butuh semua produk ini?" ungkap Laura.

Diklaim Bikin Rambut Sehat, Wanita Ini 6 Tahun Keramas Tanpa Sampo (tiktok.com/veggieshredder)
Diklaim Bikin Rambut Sehat, Wanita Ini 6 Tahun Keramas Tanpa Sampo (tiktok.com/veggieshredder)

Laura sendiri dulu punya rambut lurus. Namun, ia mengklaim jika rambut ikalnya saat ini jauh lebih sehat karena terhindar dari produk buatan pabrik dan panas dari alat pelurus rambut.

"Sekarang, aku sudah melepaskan itu semua. Aku punya ikal di rambutku. Ini bagus, aku bangun tidur, mandi, dan aku suka rambutku."

"Secara mental ini juga lebih sehat, karena penting untuk merasa nyaman. Aku tidak butuh 40 menit untuk menata rambutku di pagi hari," tambah Laura.

Setelah meninggalkan sampo, Laura awalnya menggunakan campuran baking soda dan cuka untuk mencuci rambut secara alami.

Namun, seiring berjalannya waktu, Laura memilih untuk menggunakan sisir dan air saja. Selain itu, ia menggunakan minyak esensial ke ujung rambutnya.

Diklaim Bikin Rambut Sehat, Wanita Ini 6 Tahun Keramas Tanpa Sampo (tiktok.com/veggieshredder)
Diklaim Bikin Rambut Sehat, Wanita Ini 6 Tahun Keramas Tanpa Sampo (tiktok.com/veggieshredder)

"Sekarang, rutinitas rambutku adalah menyisir rambut sebelum mandi. Aku masuk ke kamar mandi dan mencucinya dengan tangan dan air, memijat kulit kepala untuk menstimulasinya dan menyisirnya dengan sisir bergigi lebar."

"Setelah itu, aku membungkus rambutku dengan handuk selama setengah jam dan memberikan minyak argan atau minyak rosemary. Aku berhenti memakai sampo dari toko karena ada banyak bahan tambahan."

Selain keramas tanpa sampo, Laura percaya bahwa makanan juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Laura menganut gaya hidup raw vegan, di mana dirinya tidak memasak makanan yang ia makan sama sekali.

Menurut Laura, gaya hidup tersebut membantunya untuk memiliki rambut tidak berminyak meski dirinya sama sekali tidak memakai sampo atau produk perawatan rambut lainnya.

Selain itu, Laura juga memilih untuk tidak menata rambut dan membiarkannya terlihat alami. Bahkan, wanita ini mengklaim jika ia tidak peduli dengan komentar warganet yang menyebutnya jorok.

Baca Juga: Efeknya Bisa Merusak Rambut, Hindari 4 Kesalahan saat Keramas Ini

"Aku tidak pernah dibilang aku bau. Jujur, aku mendapat banyak pujian soal rambutku. Aku tidak terpengaruh dengan komentar (negatif) di TikTok sama sekali, aku menganggapnya lucu," tandas Laura soal gaya hidupnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI