Ini 5 Manfaat Buah Aprikot untuk Kecantikan, Apa Saja Ya?

Dari mengatasi iritasi kulit sampai melembapkan kulit, lho.

By: Tinwarotul Fatonah icon Minggu, 02 Desember 2018 icon 20:30 WIB
Ini 5 Manfaat Buah Aprikot untuk Kecantikan, Apa Saja Ya?

Ilustrasi buah aprikot. (Unsplash/Lumen)

Buah kaya akan vitamin dan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah buah aprikot. Apa aja sih manfaat buah aprikot untuk kecantikan?

Buah berwarna oranye yang mempunyai rasa manis ini telah banyak digunakan sebagai kandungan dalam beragam produk skincare karena memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Simak manfaatnya di bawah ini, yuk!

1. Mengatasi iritasi kulit

Buah aprikot mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kulit. Salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak aprikot yang dioleskan pada kulit yang sedang bermasalah.

Ilustrasi buah aprikot. (Unsplash/Jennifer Pallian)
Ilustrasi buah aprikot. (Unsplash/Jennifer Pallian)

2. Mencerahkan wajah

Kandungan vitamin C di buah aprikot dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat, flek hitam, dan hiperpigmentasi. Buah ini juga dipercaya mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.

Selain itu, juga bisa mengangkat sel kulit mati, membantu proses regenerasi kulit, dan juga membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

3. Mencegah penuaan dini

Buah aprikot kaya kandungan anti oksidan yang mampu memberikan perlindungan kulit terhadap radikal bebas dan papasan sinar UV yang menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Tanda-tandanya seperti kerutan dan garis halus. Kandungan di dalam buah aprikot dapat membantu meremajakan kulit, menjaga elastisitas, dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit.

Ilustrasi masker aprikot. (Pexels)
Ilustrasi masker aprikot. (Pexels)

4. Menghilangkan komedo dan jerawat

Skincare seperti face scrub atau peeling cream yang mengandung kandungan buah aprikot bisa membantu membersihkan minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati yang menyumbat poru-pori.

Itu akan membuat wajahmu terbebas dari komedo dan jerawat jika dipakai secara rutin.

5. Melembapkan kulit

Jika mempunyai masalah kulit kering, buah aprikot bisa menjadi salah satu solusi untuk kulitmu. Buah aprikot diketahui kaya akan kandungan asam lemak dan vitamin A yang baik untuk melembapkan kulit yang kering dan menjadikannya tampak sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI