Mengenal Blind Pimple dan Cara Mengatasinya

Jenis jerawat yang cukup menyusahkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 22 Mei 2019 icon 12:15 WIB
Mengenal Blind Pimple dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Ada banyak jenis jerawat yang bisa hadir di wajah. Salah satu yang paling mengganggu dan menyebalkan adalah blind pimple alias jerawat tanpa mata.

Sama seperti jerawat pada umumnya, penyebab blind pimple merupakan sebum atau minyak berlebih pada wajah, kotoran, dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori.

Bedanya, peradangan blind pimple terjadi di bawah permukaan kulit. Oleh karena itu, biasanya blind pimple tidak mempunyai 'ujung kepala' atau whiteheads seperti jerawat lainnya. Warnanya pun cenderung pucat sehingga tidak terlihat dari kejauhan.

Baca Juga: Centella Asiatica, Harapan Solutif bagi Pemilik Kulit Acne Prone

Namun saat diraba, bisa dirasakan permukaan yang bengkak dan terasa sakit. Hal menyebalkan lainnya adalah blind pimple cenderung 'matang' lebih lama sehingga penyembuhannya memakan waktu.

Berbeda jenis jerawat, berbeda pula penanganannya. Untuk mengatasi blind pimple, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah mengompres dengan air hangat. Suhu panas bisa membantu membuka pori-pori dan membuka jalan agar jerawat cepat matang.

Ilustrasi sedang memencet jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi sedang memencet jerawat. (Shutterstock)

Pengaplikasian obat topikal juga dibutuhkan untuk menangani blind pimple. Beberapa pilihan obat topikal yang dapat dicoba di antaranya adalah produk dengan kandungan benzoyl peroxide, sulfur, atau tea tree oil yang kaya akan khasiat anti-bakteri.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Langkah, Ini Tips Menggunakan Acne Patch

Baca Juga: Begini Cara Alami Hilangkan Masalah Jerawat Batu

Selain mengurangi inflamasi dan bakteri, penggunaan obat topikal ini juga bisa membantu proses matangnya jerawat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI