Biar Aman, Perawatan Kulit Ini Perlu Dihindari Menjelang Pernikahan

Jangan sampai bikin bad mood saat hari pernikahan nanti.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 11 Juni 2019 icon 22:00 WIB
Biar Aman, Perawatan Kulit Ini Perlu Dihindari Menjelang Pernikahan

Calon pengantin perempuan. (Unsplash/Gades Photography)

Meski acara pernikahan dan resepsi hanya berlangsung beberapa jam saja, banyak wanita ingin segalanya terlihat baik, termasuk kondisi kulit mereka. Lalu, perawatan kulit apa yang sebaiknya diterapkan?

Sebelum bereksperimen sendiri untuk memakai produk skincare menjelang hari besar, ada hal yang perlu diperhatikan. Seperti dilansir dari Pop Sugar, berikut perawatan kulit apa yang boleh dan tidak boleh digunakan mendekati hari pernikahan.

1. Jangan coba produk peeling yang agresif atau Benzoyle Peroxide

Baca Juga: Resmi Dinikahi Mesut Ozil, Ratu Kecantikan Turki Ini Tampil Menawan

Urungkan niat untuk punya wajah lebih cerah dengan menggunakan produk peeling yang keras. Hal itu juga berlaku untuk jerawat. Hindari pemakaian obat keras seperti benzoyl peroksida karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit.

2. Hidrasi kulit

Sangat direkomendasikan rutin memakai pelembap yang kaya akan ceramide maupun hyaluronic acid. Ahli dermatologi Deanne Robinson juga merekomendasikan hydrafacial karena cara itu tidak hanya terkelupas kulit, tapi juga menggunakan serum untuk membuatnya gemuk dengan kelembapan.

Baca Juga: Bunga Jenis Ini Sering Dipakai dalam Skincare, Apa Saja Manfaatnya?

Perawatan wajah. (Shutterstock)
Perawatan wajah. (Shutterstock)

3. Jangan memakai retinol

Ahli dermatologi merekomendasikan untuk menghindari produk retinol dalam waktu satu bulan jelang pernikahan. Sebab retinol yang merupakan turunan vitamin A adalah "permainan yang panjang". Dermatolog menjelaskan, meskipun kulit mungkin tidak bereaksi saat pertama kali mencoba retinol, ada kemungkinan mengalami reaksi seperti kekeringan parah atau iritasi.

Baca Juga: Amankah Pakai Campuran Produk Skincare Racikan Sendiri? Ini Kata Dermatolog

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

4. Pakai masker mata
Agar nampak lebih fresh dan bercahaya di hari H, area mata perlu diperhatikan. Direkomendasikan untuk memakai masker mata pada malam sebelumnya agar lebih segar.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI