Merinding deh, Ternyata Banyak Berlian Dibikin dari Jasad Manusia

Semoga saja tidak ada hantu penjaga di berlian mahal itu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 06 April 2019 icon 17:15 WIB
Merinding deh, Ternyata Banyak Berlian Dibikin dari Jasad Manusia

Cincin berlian. (Unsplash/Cornelia Ng)

Siapa yang suka pakai perhiasan berlian? Cincin berlian? Kalung berlian? Nah, tahukah kalian jika banyak berlian mahal yang dibuat dari jasad manusia?

Berlian termasuk perhiasan mewah dan bernilai tinggi yang banyak dinginkan perempuan. Sejumlah orang memandang gaya hidup dan status sosial mereka akan terlihat tinggi jika memakai berlian. Namun, berlian mahal itu ternyata ada pula yang terbuat dari jasad manusia, khususnya berlian memorial.

Dilansir dari Bussiness Insider, kremasi menjadi pilihan masyarakat Amerika Serikat untuk mengubur orang meninggal pada 2015. Menurut Asosiasi Kremasi Amerika Utara, lebih dari setengah proses penguburan orang meninggal dilakukan dengan cara kremasi dan diprediksi bakal meningkat di tahun 2020.

Baca Juga: Hangout Pasca Tunangan, J.Lo Pamer 'Batu' Besar di Jari Manis

Mereka memilih penguburan orang meninggal dengan cara kremasi bukan tanpa alasan. Alih-alih menyimpan abu kremasi orang meninggal di dalam guci, mereka justru menempa abu orang meninggal itu menjadi berlian.

Perlu diketahui, berlian pada dasarnya cuma sebuah atom karbon bertekanan. Saat atom karbon terpapar tekanan ekstrem dan suhu tinggi, maka akan membentuk kristal.

Ilustrasi pemakaman. (Pexels/Anna-Louise)
Ilustrasi pemakaman. (Pexels/Anna-Louise)

Semakin lama karbon tersebut di bawah tekanan dan panas ekstrem, semakin besar pula berlian yang dihasilan. Uniknya, tubuh manusia memiliki unsur atom karbon paling melimpah kedua yang bisa digunakan membuat berlian mewah.

Baca Juga: Tampil di Oscar 2019, Lady Gaga Pakai Kalung Berlian Ratusan Miliar

Salah satu pimpinan industri di Swiss, Algordanza, mengatakan perusahannya termasuk yang membuat berlian dari abu kremasi jasad manusia. Baginya, itu adalah salah satu cara menjaga orang yang dicintai selamanya.

''Berlian dari abu orang meninggal ini memungkinkan seseorang menjaga orang yang mereka cintai agar selalu bersama selamanya,'' ungkap Christina Martoia, juru bicara Algordanza.

Ia juga memandang pembuatan berlian dari jasad manusia ini termasuk cara memberikan kebahagiaan bagi mereka yang ditinggalkan orang kesayangannya.

Cincin berlian. (Unsplash/Nick Karvounis)
Cincin berlian. (Unsplash/Nick Karvounis)

''Dengan cara ini kami bisa memberikan kebahagian bagi keluarga yang ditinggalkan dan menyembuhkan kesedihan serta rasa sakit mereka kehilangan orang yang dicintai,'' tutur dia.

Bahkan, pihaknya juga bisa mengubah hewan peliharaan menjadi permata yang berkilau dengan segala macam warnanya.

Baca Juga: Bikin Haru, Bocah Lelaki Memberi Hadiah Cincin Berlian untuk Ibunya

Proses pembuatan berlian dari abu orang meninggal ini hanya memakan waktu sekitar satu minggu. Hasilnya adalah berlian seberat 0,2-0,4 karat. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI