Boys, Baju Koko Pakistan Ini Cocok Dipakai untuk Lebaran, lho!

Lebaran tanpa baju koko bagai hari raya tanpa THR.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 22 Mei 2019 icon 14:45 WIB
Boys, Baju Koko Pakistan Ini Cocok Dipakai untuk Lebaran, lho!

Kurta alias baju koko Pakistan. (Shutterstock)

Menyambut Idul Fitri, pasti banyak di antara kita yang berburu baju lebaran. Eits, tradisi pakai baju baru saat lebaran bukan cuma milik para cewek, lho. Cowok juga butuh baju lebaran. Bedanya, jika cewek hunting gamis, cowok akan hunting baju koko.

Entah sejak kapan, tapi yang jelas baju koko sangat identik dengan lebaran. Bisa dibilang, baju koko ini bagian dari tren musiman layaknya para cewek membeli mukena baru ketika menyambut bulan Ramadan.

Melihat tren baju koko belakangan ini, Kurta adalah primadona selama beberapa tahun terakhir. Modelnya sangat identik dengan baju koko, hanya saja warnanya lebih variatif dan berani tampil dengan berbagai motif etnik.

Baca Juga: Hijab Syar'i ala Mulan Jameela, Bisa Diintip untuk Inspirasi Lebaran

Dilansir dari berbagai sumber, kurta alias baju koko Pakistan adalah baju tradisional pria dipakai berbagai daerah seperti Pakistan --sesuai dengan nama bekennya-- dan India.

Meski begitu, daerah lain seperti Nepal juga memiliki baju tradisonal menyerupai Kurta yang diyakini sebagai bagian dari akulturasi budaya.

Kurta alias baju koko Pakistan. (Shutterstock)
Kurta alias baju koko Pakistan. (Shutterstock)

Di Indonesia sendiri, Kurta sudah laris dipakai sebagai baju koko sejak beberapa tahun belakangan. Biasanya, Kurta yang ramai dijajakan di Indonesia berjenis Multani Kurta.

Baca Juga: Penuh Berkah, Ini 4 Fakta Unik Menikah di Bulan Ramadan

Dilansir dari Suara.com, Kurta yang dijual di beberapa pasar tradisonal diimpor langsung dari India. Salah satu penjual Kurta Pakistan di Pasar Tanah Abang, Andri menjelaskan, penjualan baju Kurta Pakistan saat bulan Ramadan meningkat hingga sepuluh kali lipat.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ivan Gunawan Beri Bocoran Koleksi Lebaran 2019

Mengingat begitu digemarinya Kurta alias baju koko Pakistan ini di tanah air, nggak ada salahnya kalian memasukkan item ini ke dalam bucket list belanja Lebaran. Happy shopping, Boys!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI