Rayakan Hari Kartini, Royal Ambarrukmo Yogyakarta Gelar Fashion Show Busana Muslim dari Batik

Ini merupakan kali kedua Royal Ambarrukmo Yogyakarta bekerja sama dengan Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad

By: Amertiya Saraswati icon Jumat, 22 April 2022 icon 15:52 WIB
Rayakan Hari Kartini, Royal Ambarrukmo Yogyakarta Gelar Fashion Show Busana Muslim dari Batik

Peringatan Hari Kartini di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (21/4/2022) kemarin (Suara.com/Amertiya)

Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta kembali menggelar acara fashion show busana muslimah untuk merayakan Hari Kartini 2022 yang jatuh pada Kamis (21/4/2022) kemarin.

Peringatan Hari Kartini 2022 digelar di Pringgitan Pendopo Agung Ambarrukmo pada pukul 15.00 WIB hingga selesai. Selain itu, peringatan Hari Kartini 2022 juga bertepatan dengan acara pameran UMKM Bedug Ramadhan yang sudah digelar selama seminggu terakhir.

Pada tahun 2022 ini, Royal Ambarrukmo Yogyakarta mengambil tema "Semangat Kartini untuk Perempuan Berdaya Juang Tangguh di Masa Pandemi".

Baca Juga: Hapus Stereotip, Social Bella Siap Dukung Perempuan untuk Berkarir di Industri Teknologi

"Salah satu yang perlu kita teladani adalah daya juang Kartini dalam mengangkat derajat perempuan, agar tidak mudah putus asa dalam menjalani kehidupan, terlebih di masa pandemi," ungkap Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam saat memberi sambutan pada acara tersebut.

Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam dalam Acara Peringatan Hari Kartini di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (21/4/2022) kemarin (Suara.com/Amertiya)
Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam dalam Acara Peringatan Hari Kartini di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (21/4/2022) kemarin (Suara.com/Amertiya)

Selain itu, Royal Ambarrukmo Yogyakarta juga bekerja sama dengan Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad. Ini merupakan kedua kalinya Royal Ambarrukmo bekerja sama dengan Sekar Jagad.

Acara juga dimeriahkan oleh pembacaan puisi bertema Hari Kartini dari Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya.

Baca Juga: Lancome Perkenalkan Idole, Parfum Feminin bagi Perempuan Modern dan Berdaya

Sementara dalam fashion show kali ini, ada 15 orang anggota dari Sekar Jagad yang memperagakan busana muslimah dari tiga orang desainer.

Busana muslimah yang diperagakan sendiri merupakan perpaduan dari busana modern yang digabungan dengan batik.

Selain itu, deretan busana muslimah tersebut merupakan karya dari 3 desainer asal Yogyakarta yaitu Lia Mustafa, Philip Iswardono, dan Iffah M. Dewi.

Desainer Lia Mustafa dan Philip Iswardono masing-masing menunjukkan 3 busana muslim karya mereka. Sementara, ada 9 busana muslim yang ditunjukkan oleh desainer Iffah M. Dewi.

Baca Juga: Ramadhan Penuh Berkah, Brand Kecantikan Lokal Ini Kampanyekan Gerakan Berbagi dengan Sesama

Peringatan Hari Kartini 2022 ini juga merupakan yang pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Di tahun sebelumnya, acara terpaksa ditiadakan mengingat pandemi yang masih berlangsung.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI