5 Tipe Pembeli Belanja Online, Mulai Pemburu Diskon hingga Pelanggan Setia

Semua hal dapat dilakukan dengan mudah di era digital. Salah satunya ihwal berbelanja.

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Rabu, 08 Februari 2023 icon 17:30 WIB
5 Tipe Pembeli Belanja Online, Mulai Pemburu Diskon hingga Pelanggan Setia

Ilustrasi belanja. (Pixabay/gonghuimin468)

Semua hal dapat dilakukan dengan mudah di era digital. Salah satunya ihwal berbelanja. Membludaknya platform belanja online membuat seseorang dengan mudah membeli berbagai keperluan tanpa harus datang ke toko.

Meski demikian, dalam berbelanja sendiri setiap orang memiliki kemauan yang berbeda-beda. Ada pelanggan yang selalu membeli berbagai barang apa saja. Ada juga pembeli yang belanja sesuai dengan kebutuhannya.

Apalagi, saat ini di platform belanja online, banyak sekali fitur yang membuat pembeli percaya dengan penjual. Ada juga berbagai diskon yang disediakan. Ini membuat para pembeli menjadi sangat beragam.

Baca Juga: Brand House City Concept Bikin Belanja Semakin Seru, Ini Alasannya

Lalu seperti apa saja sih tipe-tipe pembeli belanja online? Melansir laman Smile.io, berikut tipe pembeli saat belanja online.

1. Pencari diskon

Ilustrasi Belanja Online.[Pexels/cottonbro]
Ilustrasi Belanja Online.[Pexels/cottonbro]

Salah satu tipe pembeli yang mudah ditemui yaitu para pencari diskon. Biasanya, mereka akan membeli berbagai barang yang menyediakan diskon. Bahkan, sekitar 67 persen dari pembeli tipe ini tidak setia dengan merek-merek yang dibelinya. Mereka lebih sering membeli saat toko tersebut memberikan diskon untuknya.

Baca Juga: Banting Setir saat Pandemi, Toko Sport Hijab Ini Andalkan Penjualan Online

2. Pembeli berkeliaran

Tidak jauh dengan pencari diskon, tipe satu ini juga seringkali ganti-ganti toko. Mereka akan dengan mudah berpindah dari satu toko ke lainnya sesuai keinginannya. Hal ini karena mereka tidak tahu apa yang ingin dibeli.

3. Pembeli impulsif

Jenis pelanggan tipe ini sangat terobsesi dengan produk-produk terbaru. Mereka kerap mencari berbagai produk baru yang lebih bagus dari sebelumnya. Produk-produk yang dibelinya juga beragam, mulai dari teknologi, mode, kecantikan, dan lain-lain.

4. Pelanggan berbasis kebutuhan

Pembeli tipe ini biasanya tidak akan memikirkan produk tertentu saat berbelanja. Namun, mereka lebih tertarik pada informasi dan kelebihan produknya itu. Hal tersebut karena mereka ingin produk yang dibelinya itu memberikan manfaat untuknya.  

5. Pelanggan setia

Jenis pelanggan satu ini biasanya paling disukai dan diingat oleh penjual. Mereka biasanya akan membeli produk serta di toko yang sama. Bahkan, jika ada produk baru, mereka akan tetap loyal dengan pilihannya. Tidak hanya itu, mereka juga dapat merekomendasikan produk yang dipilihnya ke orang lain.

Baca Juga: Batal Anggun, Wanita Ini Pesan Gaun di Toko Online, Bentuknya Malah Mirip Sarung Bantal

Nah itu dia tipe-tipe pembeli saat belanja online. Kalau kami tipe pembeli yang mana?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI