6 Perawatan Sederhana Ini Bikin Kulit Wajah Sehat dan Bebas Kerutan

Dengan perawatan tepat dan gaya hidup sehat, kamu bisa memperlambat proses penuaan.

By: Ririn Indriani icon Kamis, 02 Februari 2023 icon 18:18 WIB
6 Perawatan Sederhana Ini Bikin Kulit Wajah Sehat dan Bebas Kerutan

Ilustrasi perawatan wajah yang tepat bikin wajah sehat dan bebas kerutan. (Shutterstock)

Memiliki wajah cerah, kencang, bersinar, dan selalu tampak awet muda merupakan impian hampir semua orang, terutama perempuan.

Namun seiring bertambahnya usia, secara alami akan muncul keriput di wajah. Bahkan, keriput juga bisa muncul tanpa mengenal usia, sekalipun usia masih 30an.

Pasalnya, jaringan ikat kolagen dan elastin pada kulit akan berkurang seiring waktu. Hal ini akan berdampak pada elastisitas dan fleksibilitas kulit yang menurun.

Baca Juga: Gunakan Formulasi Gentle, Facial Wash Ini Cocok untuk Kulit Sensitif

Belum lagi, banyaknya aktivitas di luar ruangan yang memaksa wajah sering terpapar sinar ultraviolet. Kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit.

Kabar baiknya, meski penuaan adalah salah satu faktor yang sulit dihindari, tapi prosesnya bisa diperlambat.

Ada kok cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah yuk langsung disimak:

Baca Juga: Habiskan Rp180 Juta untuk Perawatan Kecantikan sebelum Menikah, Wanita Ini Mengaku Puas dengan Hasilnya

Ilustrasi perawatan wajah agar sehat dan bebas kerutan. (Foto: Dok. Klinik Zahra Skincare Spa)
Ilustrasi perawatan wajah agar sehat dan bebas kerutan. (Foto: Dok. Klinik Zahra Skincare Spa)

1. Lakukan face yoga
Tahukah kamu, semakin sering kamu tersenyum, memicing, atau mengerutkan kening, akan semakin banyak keriput yang dapat terbentuk seiring waktu.

Untuk mencegahnya kamu bisa mulai rutin melakukan face yoga.

2. Pijat wajah
Meski terlihat sepele, pijatan di wajah secara rutin punya banyak manfaat, salah satunya mencegah keriput.

Melalui pijatan ini dapat memperlancar peredaran darah pada wajah. Lakukan face massage secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mengurangi kerutan pada wajah.

3. Menggunakan sunscreen
Tak hanya memicu kerutan, sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan pigmentasi kulit sehingga mempercepat timbulnya flek pada kulit.

Karena itulah, jangan pernah lupa untuk aplikasikan sunscreen, baik saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

4. Konsumsi makanan antioksidan
Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

5. Konsumsi ikan
Selain antioksidan, rutin mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3, seperti tuna atau salmon juga sangat disarankan.

Sudah tahu dong kalau omega-3 ini sangat bermanfaat buat meremajakan kulit serta meregenerasi sel.

6. Jaga hidrasi tubuh
Memastikan kebutuhan cairan di tubuh terpenuhi adalah cara yang tak kalah penting buat mencegah kerutan timbul di wajah.

Jadi mulai sekarang pastikan kamu minum 8 gelas sehari ya.

Untuk melengkapi perawatan kecantikan kamu agar lebih optimal, kamu bisa melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan.

Bila bingung menentukan perawatan wajah yang tepat, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter kecantikan seperti yang ada di Klinik Zahra Skincare Spa.

Di klinik yang sudah berdiri 11 tahun tersebut, kamu bisa konsultasi dengan dr. Fatimah Zahra, M. Biomed (AAM), untuk mengetahui treatment yang tepat sesuai jenis kulitmu.

Klinik yang berlokasi di Sumatera Selatan ini merupakan klinik anti aging yang memberikan layanan holistik. Baik perawatan dari luar maupun dari dalam, sehingga hasil terapi dari semua perawatan tersebut dapat lebih optimal.

Di klinik ini kamu bisa mendapatkan berbagai treatment, sepert facial, laser treatment, dan lainnya. Dengan perawatan tersebut kerutan di kulit akan berangsur-angsur hilang.

"Kami juga menyediakan spa treatment yang berfungsi bukan hanya untuk membersihkan tubuh dan mencerahkan kulit, tapi juga baik untuk relaksasi tubuh dan pikiran," ucapnya.

Di samping treatment tersebut, dr. Fatimah Zahra juga mempunyai produk skincare anti aging untuk mencegah penuaan diri pada wajah.

"Saya meracik atau memformulasikan produk skincare yang khusus untuk pasien-pasien sesuai dengan kondisi dan problem kulit masing-masing. Formulasi produk skincare MeIMA sesuai dengan keilmuan dan pengalaman saya selama kurang lebih 15 tahun berkecimpung di dunia anti aging dan estetika," katanya.

MeiMA menghadirkan produk yang diformulasikan secara khusus, dan bertujuan membuat kulit menjadi sehat, ternutrisi, tampak bercahaya, dan menguatkan skin barrier.

Baca Juga: Sosok Pria yang Jalani Operasi Transplantasi Wajah, Dulu Kecelakaan hingga Wajahnya Meleleh

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI