Kamu Harus Tahu, Inilah Jenis Minyak Zaitun

Jangan sampai salah pakai, kenali dulu jenis-jenis minyak zaitun.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 02 Agustus 2018 icon 12:48 WIB
Kamu Harus Tahu, Inilah Jenis Minyak Zaitun

Olive oil. (Pexels)

Selama ini minyak zaitun dianggap jauh lebih sehat dibanding jenis minyak lainnya. Nggak cuma dijadikan bahan memasak, kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin E di dalamnya disebut-sebut bermanfaat untuk perawatan kulit. Tapi tahu nggak kalu minyak zaitun itu banyak jenisnya?

Dilansir dari Todayifoundout.com, secara umum minyak zaitun dibagi dalam dua kategori, yakni melalui proses pemurnian (refined) dan mentah (unrefined).

Nah dari dua jenis proses tersebut, minyak zaitun kemudian diturunkan kembali menjadi empat jenis lagi yang biasa kita temui di pasaran dengan label extra virgin oil, virgin oil, pure olive oil dan light olive oil pada kemasannya.

Baca Juga: 4 Ciri Kulit Kamu Tergolong Sehat

Olive oil. (Pexels)
Olive oil. (Pexels)

1. Extra virgin oil dan virgin oil

Dua jenis ini masuk dalam proses unrefined, hanya ditekan dan diperas untuk mengeluarkan minyak dari biji zaitun. Maka dari itu, dua jenis ini memiliki mineral, enzim, vitamin dan fenol dalam jumlah besar.

Meski sama-sama baik, extra virgin oil lebih unggul sebab memiliki kandungan asam oleat atau asam lemak tak jenuhnya kurang dari 0,8 persen.

Baca Juga: Cuaca Panas, Begini Cara Merawat Kulit Agar Tetap Fresh

Tapi kekurangan dari unrefined ini adalah titik asap yang sangat rendah, sehingga mudah terbakar dan kehilangan khasiatnya saat dipanaskan sebentar saja. Oleh sebab itu extra virgin dan virgin lebih banyak digunakan untuk salad dressing atau topping.

Olive oil. (Pexels)
Olive oil. (Pexels)

2. Pure dan light olive oil

Minyak zaitun proses refined biasanya berlabel pure atau light olive oil. Jenis ini diolah dengan pelarut dan panas tinggi untuk menghilangkan bau yang nggak diinginkan. Maka dari itu, refined olive oil nggak memiliki nutrisi sebanyak unrefined olive oil.

Meski begitu, bukan berarti minyak zaitun jenis ini kualitasnya buruk. Dua jenis refined oilve oil ini nggak gampang terpengaruh jika dipaparkan suhu tinggi. Makanya, kedua minyak zaitun ini lebih fleksibel untuk membuat kue, menggoreng, untuk menumis, bahkan untuk memanggang.

Jadi girls, sudah tahu kan jenis-jenis minyak zaitun? intinya, semua minyak zaitun itu baik. Hanya saja kalau kamu ingin mencari khasiat lebih dari buah zaitun, pilihlah yang unrefined olive oil, yakni Extra virgin oil dan virgin oil.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI