Benarkah Muluruskan Kaki setelah Olahraga Mampu Cegah Varises?

Saran tersebut ternyata nggak sepenuhnya benar.

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 06 Agustus 2018 icon 07:55 WIB
Benarkah Muluruskan Kaki setelah Olahraga Mampu Cegah Varises?

Meluruskan kaki. (Pinterest)

Setelah melakukan olahraga, jogging misalnya, banyak yang menyarankan untuk meluruskan kaki. Katanya, kalau kaki langsung ditekuk bakal menyebabkan varises. Itu lho semburat warna biru di bagian belakang betis.

Adanya varises terkadang memang mengganggu penampilan cewek yang kepingin pakai rok mini atau celana pendek. Tapi rupanya, anggapan meluruskan kaki setelah olahraga dapat mencegah varises itu keliru, lho.

Varises. (Pinterest)
Varises. (Pinterest)

 

Dilansir dari Suara.com, menurut dr Iman Widya Aminata, Sp.OT dari RS Pondok Indah, posisi meluruskan kaki usai olahraga lebih ditujukan untuk merelaksasi otot yang tegang (stretching) saat olahraga.

"Meluruskan kaki atau menyelonjorkan kaki itu hanya untuk stretching agar tidak kram sebagai bentuk relaksasi. Ini tidak berhubungan dengan varises," ujar dia.

Varises sendiri terjadi karena pelebaran pembuluh darah vena di mana darah turun dari jantung ke kaki tapi saat balik lagi ke jantung terhambat atau macet di kaki. Hasilnya, pembuluh darah vena timbul di atas permukaan otot sehingga terlihat seperti warna biru di sepanjang kaki.

Jadi nggak ada hubungannya antara menekuk kaki sehabis olahraga dengan timbulnya varises. Malahan, kondisi varises ini lebih sering dialami cewek-cewek yang gemar memakai sepatu berhak tinggi.

Jadi Girls, kalau ingin mencegah varises, ada baiknya untuk mengurangi pemakaian sepatu berhak tinggi ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI