Bukan Hanya Mewah, Pernikahan Putri Eugenie Penuh Kontroversi!

Royal wedding antara Putri Eugenie dengan Jack Brooksbank berlangsung mewah dan penuh kontroversi.

By: Agung Pratnyawan icon Minggu, 14 Oktober 2018 icon 09:31 WIB
Bukan Hanya Mewah, Pernikahan Putri Eugenie Penuh Kontroversi!

Pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank. (Instagram/@hrhthedukeofyork)

Kerajaan Inggris kembali menyelenggarakan royal wedding pada Jumat (12/10) kemarin. Kali ini Putri Eugenie yang menjalani upacara sakral tersebut. Buah hati dari Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson ini menikah dengan seorang pengusaha muda, Jack Brooksbank.

Nama Jack Brooksbank memang jarang tersorot publik karena bukan berasal dari kelas bangsawan. Jack dilahirkan dari pasangan George Brooksbank (68) dan Nicola Brooksbank (64). Mereka adalah rakyat biasa, dimana ayah Jack bekerja sebagai direktur dalam sebuah perusahaan di bidan akunting. Meskipun berasal dari rakyat biasa, Jack rupanya memiliki darah keturunan bangsawan lho!

Pernikahan Putri Eugenie dengan jack Brooksbank. (Instagram/@hrhthedukeofyork)
Jack Brooksbank. (Instagram/@hrhthedukeofyork)

 

Baca Juga: Begini Cantiknya Gaun Pernikahan Putri Eugenie

Darah bangsawan itu diturunkan dari kakek buyut Jack Brooksbank. Melansir dari Telegraph, ibu Eugenie, Sarah Fergusson, adalah cucu buyut dari Lady Julia Coke.

Julia Coke sendiri adalah putri dari kakek buyut Jack, Thomas Coke. Ini artinya, darah bangsawan Jack tidak perlu diragukan, sekaligus menjadi 'simpul' yang mempertemukan Jack Brooksbank dengan istrinya, Putri Eugenie sebagai saudara jauh.

Menariknya, pernikahan Putri Eugenie dengan Jack Brooksbank justru digelar lebih mewah dari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, dimana dalam garis keturunan kerajaan, Pangeran Harry adalah salah satu penerus tahta Kerajaan Inggris. Tentu saja hal itu membuat sejumlah kontroversi di kalangan rakyat Inggris, utamanya para pengemar fanatik keluarga kerajaan.

Baca Juga: Kontroversi Sepatu Rusak yang Dijual Seharga Rp 7,8 jutaan

Pernikahan Putri Eugenie dengan jack Brooksbank. (Instagram/@hrhthedukeofyork)
Pernikahan Putri Eugenie dengan Jack Brooksbank. (Instagram/@hrhthedukeofyork)

 

Bukan hanya lebih mewah dari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, beban biaya pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank juga menuai kontroversi. Kabarnya, royal wedding yang menghabiskan biaya sekitar Rp 39 Miliar ini di bebankan pada pajak negara. Namun hal itu segera ditepis oleh Pangeran Andrew.

Ayah dari Putri Eugenie ini menegaskan jika kerajaan Inggris menanggung sepenuhnya pernikahan sang putri, hanya saja biaya keamanan di bebankan pada uang pajak.

Pernikahan Putri Eugenie dengan jack Brooksbank. (Instagram/@hrhthedukeofyork)
Pernikahan Putri Eugenie dengan Jack Brooksbank. (Instagram/@hrhthedukeofyork)

 

Bukan itu saja, kontroversi pernikahan Putri Eugenie juga berlanjut untuk urusan siaran langsung pada salah satu stasiun televisi nasional, BBC. Seperti tradisi sebelumnya, ketika kerajaan Inggris mengadakan 'hajatan' besar, maka royal wedding kali inipun ingin disiarkan langsung di salah satu stasiun televisi nasional, hanya saja permintaan ini ditolak oleh pihak stasiun.

Baca Juga: Meghan Markle dan Hal - hal yang Harus Dikorbankan

Mereka beralasan jika rakyat Inggris sudah bosan dengan royal wedding dan Putri Eugenie tidak berada dalam daftar pewaris tahta kerajaan. Itulah alasannya kenapa royal wedding kali ini hanya disiarkan secara langsung di stasiun ITV, bukan BBC seperti biasanya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI