5 Makanan Ini Bisa Bawa Keberuntungan saat Tahun Baru, Penasaran?

Enak semua, Girls.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 13 Desember 2018 icon 20:45 WIB
5 Makanan Ini Bisa Bawa Keberuntungan saat Tahun Baru, Penasaran?

Ilustrasi makanan tahun baru. (Pexels/Daniela Echavez)

Mitos dari berbagai negara terkait tahun baru memang menarik untuk diketahui, termasuk makanan yang bisa bawa keberuntungan. Nah, mumpung bentar lagi mau tahun baru, DewiKu sudah merangkum 5 makanan yang bisa bawa hoki.

Yuk, disimak.

Vasilopita

Nama makanan ini berasal dari Yunani. Bentuknya mirip kue tart, namun saat proses pembuatannya diselipkan koin dalam adonan. Tentunya koin yang diselipkan sudah dipastikan kebersihannya terlebih dahulu.

Pada malam tahun baru, saat semua anggota berkumpul, mereka akan memotong kuenya untuk dinikmati bersama. Siapa yang mendapat potongan kue dengan koin maka dia dianggap akan mendapat keberuntungan sepanjang tahun.

Ilustrasi Vasilopita. (Pexels/Ronmar Lacamiento)
Ilustrasi Vasilopita. (Pexels/Ronmar Lacamiento)

Buah anggur

Masyarakat Spanyol juga sangat antusias menantikan malam pergantian tahun. Mereka akan membawa buah anggur dan memakannya bertepatan dengan lonceng ketika berbunyi.

Uniknya, setiap buah yang mereka makan akan mewakili satu bulan dalam setahun. Tradisi ini juga sering ditemui di negara lain seperti Portugal, Venezuela, Ekuador, dan Peru.

anggur/pexels.com
Ilustrasi anggur. (Pexels)

Buah delima

Di Turki, buah delima dianggap sebagai buah keberuntungan. Warnanya yang merah dan bentuknya yang menyerupai jantung melambangkan umur panjang dan kesuburan. Hal ini diperkuat dengan fakta terkait buah delima yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nggak heran kalau buah yang satu ini bikin sehat dan makmur.

Ilustrasi buah delima. (Pexels/Hitesh Choudhary)
Ilustrasi buah delima. (Pexels/Hitesh Choudhary)

Ikan

Berbagai negara di dunia percaya jika ikan melambangkan kebaikan dan keberuntungan. Hidangan ikan biasanya disajikan saat malam pergantian tahun.

Orang di Jerman biasanya mengonsumsi ikan Carp dan menyimpan sisiknya di dompet. Orang Cina juga percaya jika ikan melambangkan kebahagiaan.

Ilustrasi olahan ikan. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi olahan ikan. (Pexels/Pixabay)

Mie

Mie memiliki bentuk yang panjang. Dalam budaya Cina, mie kerap dikaitkan dengan panjang umur dan rejeki yang nggak pernah putus.

Biasanya, hidangan mie disajikan saat momen perayaan penting, seperti tahun baru atau ulang tahun. Harapannya, orang yang mengkonsumsi mie bisa panjang umur dan dilimpahi rejeki sepanjang tahun.

Ilustrasi mie (Pexels/Buenosia Carol)
Ilustrasi mie (Pexels/Buenosia Carol)

Itulah beberapa makanan yang bisa bawa keberuntungan jika disantap saat merayakan tahun baru. Mau pilih yang mana?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI