Selain Valentine, Ini Hari Kasih Sayang Versi 4 Negara Berbeda

Hari kasih sayang dalam bentuk berbeda.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 15 Februari 2019 icon 12:28 WIB
Selain Valentine, Ini Hari Kasih Sayang Versi 4 Negara Berbeda

Ilustrasi Valentine. (Unsplash/Jesse Goll)

Selama ini Valentine selalu identik dengan hari kasih sayang, padahal jika kita tilik lagi, beberapa negara di dunia juga merayakan hari kasih sayang versi mereka masing-masing.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut hari kasih sayang versi empat negara berbeda.

Korea Selatan

Baca Juga: Penuh Mawar Merah, Travis Scott Beri Kejutan Valentine untuk Kylie Jenner

Valentine memang dirayakan di Korea Selatan, tapi sedikit berbeda dengan di kota-kota lain di dunia. Orang Korea akan memanfaatkan momen Valentine dengan mengungkapkan rasa sukanya pada seseorang.

Pada tanggal 14 Februari, wanita Korea akan memberikan cokelat pada pria yang disukainya dan pada tanggal 14 Maret giliran pria yang akan membalasnya. Momen 14 Maret inilah yang mereka sebut dengan White Day.

Merayakan Hari Valentine. (Pixabay/jil111)
Merayakan Hari Valentine. (Pixabay/jil111)

Finlandia

Baca Juga: Serba Seksi, Ini Kado Valentine Dambaan Perempuan

Hari kasih sayang nggak cuma diungkapkan pada lawan jenis, tapi juga sahabat. Itulah sebabnya di Finlandia ada istilah Friends Day, di mana pada hari tersebut akan dirayakan bersama sahabat.

Uniknya, hari yang memiliki nama asli Ystävänpäivä ini juga jatuhnya bertepatan dengan Valentine yaitu 14 Februari. Friends Day mulai dirayakan sejak 1980an dimana saat itu orang-orang Finlandia akan saling bertukar kartu, permen dan bunga pada teman yang mereka sayangi.

Ilustrasi Dark cokelat. (Pexels)
Ilustrasi permen cokelat. (Pexels)

Spanyol

Di Barcelona dan wilayah Catalonia, Valentine kurang populer. Mereka lebih senang merayakan hari kasih sayang pada tanggal 23 April yang diberi nama Saint Jordi's Day. Layaknya Valentine, pria-pria Spanyol akan memberikan bunga mawar pada kekasihnya saat Saint Jordi's Day.

Bunga mawar. (Unsplash/Tiffany Chan)
Bunga mawar. (Unsplash/Tiffany Chan)

Rumania

Di Rumania, ada istilah Dragobete yang dimulai saat perayaan musim semi. Menurut cerita turun temurun, pada zaman dulu, anak laki-laki dan perempuan akan menghabiskan hari di hutan mengumpulkan bunga, kemudian gadis-gadis itu berlari pulang saat matahari terbenam.

Anak laki-laki akan mengejar gadis yang mereka sukai, menangkap, mencium, kemudian mengumumkan pertunangan mereka ke desa. So sweet!

Baca Juga: 5 Kuliner Hari Valentine, Bukan Cokelat tapi Bisa Bikin Romantis Juga

Buket bunga. (Unsplash/Alisa Anton)
Ilustrasi bunga. (Unsplash/Alisa Anton)

Itulah tadi beberapa hari kasih sayang versi empat negara berbeda.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI