Jangan Khawatir, Ini Tips Ngemil yang Nggak Mengganggu Diet

Harus konsisten ya, supaya dietnya benar-benar tidak rusak.

By: Agung Pratnyawan icon Kamis, 28 Maret 2019 icon 16:58 WIB
Jangan Khawatir, Ini Tips Ngemil yang Nggak Mengganggu Diet

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Jika kamu sedang menjalani diet, kata camilan pasti menjadi salah satu musuh terbesar saat ini. Kali ini kamu tak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa tips ngemil yang nggak mengganggu diet, lho.

Camilan memang dikenal dapat membuat berat badan bertambah, selain itu juga tak dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet.

Namun, pasti ada saat tertentu jika gula darah menjadi turun apalagi ketika sedang dalam program diet. Ini akan membuat dirimu merasa lapar dan segera ingin mencari camilan.

Nah, kali ini tak perlu pusing memikirkannya lagi, sebab di bawah ini ada beberapa tips ngemil yang nggak mengganggu diet. Penasaran apa saja?

1. Bikin jadwal jam ngemil

Ilustrasi nonton Netflix. (Unsplash/Jeeshots)
Ilustrasi ngemil sambil nonton film. (Unsplash/Jeeshots)

Kamu harus memperhatikan jadwal ngemilmu. Perlu mulai menghitung jam berapa kamu makan, usahakan 3 atau 4 jam sekali untuk mengonsumsi sesuatu dengan porsi yang pas, jangan berlebihan.

Mengemil dengan jarang yang sering tapi sedikit akan jauh lebih baik daripada ngemil sehari sekali namun dengan porsi besar. Ini juga berguna untuk menjaga gula darahmu, lho.

2. Perhatikan asupan nutrisi

Mulai sekarang ada baiknya perhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, camilan yang kamu konsumsi mengandung 5 gram protein.

Penting juga nih, kamu juga harus batasi kandungan gula hingga 5 gram. Kamu benar-benar harus memperhatikan, karena camilan juga berdampak besar bagi tubuhmu.

3. Ganti camilan kemasan dengan camilan sehat

Ilustrasi salad / Pexels.com
Ilustrasi salad. (Pexels)

Camilan kemasan memang menjadi makanan paling praktis untuk dikonsumsi. Namun, hal paling bahaya adalah jika terlalu sering mengonsumsinya, kamu berarti juga mengonsumsi bahan-bahan kimia yang tak baik untuk tubuh.

Boleh sesekali, namun usahakan camilan sehat mendominasi ya. Kamu bisa pilih gandum dan buah untuk menjadi pilihan camilan sehat yang sering kamu konsumsi.

4. Perhatikan kalori dalam camilan

Memperhatikan kalori dalam camilan juga nggak kalah penting. Seperti yang diketahui bahwa camilan sangat mempengaruhi kesehatan. Perlu diperhatikan bahwa kalori total camilan yang kamu konsumsi harus memiliki batasa, yaitu tidak lebih dari 500 kalori.

5. Camilan bukan jadi prioritas

Ilustrasi menu diet. (Unsplash/Peter Bravo de los Rios)
Ilustrasi menu diet. (Unsplash/Peter Bravo de los Rios)

Salah satu tips ngemil yang nggak mengganggu diet adalah tidak membuat camilan menjadi prioritas. Nah, usahakan untuk selalu menjalani gaya hidup yang sehat , makan dengan teratur, dan yang paling penting jaga pikiran agar tidak stres.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI