Semakin Lama Durasi Mandi Pertanda Kesepian, Ini Kata Psikolog

Siapa nih yang suka mandi lama-lama?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 21 Juni 2019 icon 18:31 WIB
Semakin Lama Durasi Mandi Pertanda Kesepian, Ini Kata Psikolog

Mandi terlalu lama bisa jadi tanda kesepian. (Unsplash/Mitchell Orr)

Mandi bukan hanya soal membersihkan badan, tapi juga melepas penat setelah seharian bekerja dan beraktivitas. Namun rupanya, berlama-lama di kamar mandi bisa menjadi indikasi seseorang merasa kesepian.

Menurut The Psychology Departement di University of Chicago, kesepian muncul saat seseorang merasakan adanya perbedaan antara hubungan sosial yang ideal di sekitar mereka.

Rasa kecewa yang berujung kesepian bakal muncul dan biasanya seseorang akan menarik diri dari lingkungan tersebut. Di sini lah ada benang merah antara durasi mandi lama untuk mengatasi rasa kesepian.

Baca Juga: Seperti Jomblo, 4 Alasan Kamu Masih Merasa Kesepian walau Punya Pacar

Seperti dilansir dari Life Hack, menurut sebuah penelitian di Yale University, seseorang yang memilih untuk mandi lama, khususnya menggunakan air panas mungkin melakukannya untuk secara sadar menangkal perasaan kesepian.

"Semakin kesepian seseorang, semakin banyak sekaligus lama durasi mandi mereka. Semakin panas airnya, semakin lama mereka berada di kamar mandi tersebut," ungkap psikolog John Bargh, PhD, seorang peneliti di Yale University.

Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)

Dari penelitian tersebut, diungkapkan bahwa air panas di bak mandi atau dari shower adalah pengganti teman dan benar-benar mampu menghilangkan perasaan terasing dan pengucilan sosial di sekitarnya.

Baca Juga: Nggak Mau Kesepian, 4 Zodiak Ini Tak Bisa Sendirian

Penelitian ini juga mengungkap fakta yang menarik lain. Ternyata perasaan yang diperoleh di lingkungan rupanya dapat dipicu oleh pengalaman kehangatan atau kedinginan di tubuh.

Baca Juga: Awas, Kelamaan Jomblo Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Spons mandi. (Shutterstock)
Spons mandi. (Shutterstock)

Cukup masuk akal karena saat dengan mandi menggunakan air panas, badan pasti langsung merasa tenang dan hangat. Inilah perasaan nyaman yang dibutuhkan ketika merasa kesepian. Jadi, berminat untuk berlama-lama mandi dengan air panas hari ini?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI