Ketika Jatuh Cinta, Tubuhmu Akan Mengalami 5 Fenomena Ini

Apakah kamu pernah menyadari adanya perubahan tubuh saat jatuh cinta?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 30 Oktober 2018 icon 18:00 WIB
Ketika Jatuh Cinta, Tubuhmu Akan Mengalami 5 Fenomena Ini

Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Dani Fincanco)

Cinta merupakan sesuatu yang istimewa dan luar biasa. Ketika jatuh cinta, ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh kamu, lho.

Perasaan jatuh cinta itu membuat hidup berubah. Beberapa orang pun bahkan menghabiskan hidupnya demi mencari cinta sejati karena mereka ingin mengalami perasaan jatuh cinta.

Nah, ternyata ketika jatuh cinta, tanpa kamu sadari tubuh akan mengalami perubahaan. Apa saja, ya, kira-kira? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 hal yang akan dialami oleh tubuhmu.

Baca Juga: Jangan Sampai Buta, Jatuh Cinta juga Ada Aturan Mainnya

1. Rasa bahagia yang tinggi

Rasa cinta yang sedang dirasakan akan mengaktifkan daerah dopamin tertentu dalam otak. Ini akan berhubungan langsung dengan perasaan bahagia, kecanduan, keinginan, dan euforia kegembiraan. Itulah yang membuat kamu selalu merasa bahagia ketika sedang jatuh cinta.

Ilustrasi pasangan tak bahagia tapi tetap bersama. (Unsplash/Laurine Bailly)
Ilustrasi pasangan tak bahagia tapi tetap bersama. (Unsplash/Laurine Bailly)

2. Bikin susah tidur

Baca Juga: Suara akan Berubah Saat Kamu Jatuh Cinta, Benarkah?

Hal aneh yang sering dialami orang yang sedang jatuh cinta adalah susah tidur. Hal ini disebabkan produksi hormon dopamin dan norepinefrin yang terlalu banyak. Maka dari itu, orang jatuh cinta memiliki banyak energi, susah tidur, dan wajah jadi merah merona.

3. Merasa gugup

Saat jatuh cinta, tubuh melepaskan norepinefrin, dopamin, dan kortisol yang mengalirkan darah dari usus. Proses itu kemudian memberikan efek mual dan rasa gugup ketika bertemu orang yang dicintai.

Orang yang sedang jatuh cinta biasanya mengalami gejala telapak tangan berkeringat, mulut kering, peningkatan denyut nadi, dan pusing saat melihat cahaya terang.

4. Mengobati rasa sakit kepala

Otak akan melepaskan oksitosin yang biasa disebut dengan hormon cinta sehingga memicu rasa bahagia. Selain itu, perasaan cinta yang timbul membuat tubuh kita menghasilkan lebih dari 200 persen endorfin. Endorfin merupakan zat yang bisa menghasilkan perasaan menyenangkan. Zat ini merupakan obat alami sakit kepala.

Ilustrasi pasangan. (Pexels/Rawpixel)
Ilustrasi pasangan. (Pexels/Rawpixel)

5. Mengurangi rasa sakit

Baca Juga: Kamu Mati Rasa? Ini Cara Ampuh untuk Kembali Belajar Mencintai

Salah satu yang akan terjadi pada tubuh kamu ketika jatuh cinta adalah bisa mengurangi rasa sakit. Penelitian yang dilakukan di Stanford University menunjukkan bahwa melihat foto yang mereka cintai memiliki efek analgesik atau meringankan rasa sakit. Sakit yang dirasakan akan berkurang hingga 40 persen.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI