Relationship

Semakin Bertambah Usia Lingkaran Pertemanan Kian Sempit, Ini Sebabnya

Apakah lingkaran pertemanan kamu juga terasa menyempit belakangan ini?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Menghibur sahabat yang berduka. (Unsplash/Court Prather)
Menghibur sahabat yang berduka. (Unsplash/Court Prather)

Dewiku.com - Tak heran kalau semakin bertambah usia, teman-teman kita bakal semakin sedikit. Berkurangnya lingkaran pertemanan merupakan hal normal yang terjadi dalam hidup.

"Saya tahu bahwa penurunan pertemanan terus berlanjut seiring bertambahnya usia," ujar Dr Suzana E. Flores, psikolog klinis dan penulis Facehooked: How Facebook Affects Our Emotions, Relationships, and Our Lives.

"Saat kita berada di SMA dan perguruan tinggi, lebih mudah untuk berteman karena kita dikelilingi oleh sekelompok orang dengan minat yang sama. Namun, seiring bertambahnya usia, kita kehilangan akses ini dan mesti memutuskan apakah akan berteman dengan rekan kerja atau tidak, yang mungkin punya masalahnya sendiri," sambungnya.

Dia menambahkan, seiring dengan bertambah usia, kita juga memprioritaskan tipe individu yang diinginkan di sekitar kita.

Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)
Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)

Dilansir dari Bustle, sebuah studi menunjukkan, rata-rata wanita berusia 25 tahun menghubungi sekitar 17,5 orang per bulan, sedangkan seorang pria menghubungi 19 orang, dan penurunan ini berlanjut hingga pensiun.

"Orang menjadi lebih fokus pada hubungan tertentu dan mempertahankan hubungan itu. Anda punya koneksi dengan keluarga baru, tapi lingkungan kasual (pertemanan) berkurang," kata penulis studi ini, Kunal Bhattacharya, seorang peneliti postdoctoral di Universitas Aalto.

Robin Dunbar, profesor psikologi evolusi di Universitas Oxford yang turut menulis makalah tersebut, juga mempertimbangkan teori ini.

"Wanita mempunyai gagasan tentang sahabat yang mirip dengan pasangan romantis dan wanita bekerja keras (membangun) hubungan ini," jelas Robin Dunbar.

Ia juga mengatakan, apabila seseorang tak berinvestasi dalam pertemanan itu, teman mereka bakal semakin berkurang atau kualitas hubungan menurun secara cepat. (*Rosiana Chozanah)

Berita Terkait

Berita Terkini