4 Aturan Penting dalam Hubungan Asmara, Jangan Dipaksa kalau Tidak Cinta

Berikut beberapa hal penting yang perlu jadi perhatian saat menjalin hubungan asmara.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 01 Desember 2021 icon 19:04 WIB
4 Aturan Penting dalam Hubungan Asmara, Jangan Dipaksa kalau Tidak Cinta

Ilustrasi bola lampu cinta. (Unsplash/liu yunyi)

Sebenarnya, tak ada rumus baku saat menjalani sebuah hubungan asmara. Walau begitu, ada beberapa hal yang bakal jauh lebih baik jika diperhatikan.

Hal-hal tersebut bisa menjadi kunci hubungan yang sehat dan langgeng. Berikut uraiannya, seperti dilansir dari Bright Side via Suara.com.

Jika kamu dicintai, kamu akan merasakannya

Baca Juga: Jangan Galau Berkepanjangan, Ini 5 Tips Melindungi Diri dari Patah Hati

Setiap orang pasti bakal bisa merasakan dengan hatinya saat ia dicintai oleh pasangannya. Orang yang mencintaimu akan menghabiskan banyak waktu denganmu, menghormati kamu, dan tentunya peduli dengan perasaanmu.

Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Christiana Rivers)
Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Christiana Rivers)

Jadi, saat sudah merasakan hal itu, jangan lagi mencari-cari kekurangan pasanganmu. Misalnya, dia tidak pernah punya waktu untuk menemanimu belanja atau tak mau diajak datang ke pesta teman-temanmu. Bicarakan saja baik-baik dan tidak usah menuduh perilakunya yang tak kamu sukai itu sebagai tanda tidak cinta.

Cintai dirimu dulu, barulah kamu bisa mencintai orang lain

Baca Juga: Jangan Gegabah Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online, Baca 5 Tips Ini!

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois, tapi sebuah bentuk hormat terhadap keinginan dan perasaanmu. Artinya, kamu tak akan pernah mengkhianati diri sendiri demi kesenangan semu atau melayani seseorang yang acuh tak acuh padamu.

Mencintai diri sendiri memungkinkan kamu bertindak secara bermartabat dalam situasi apa pun. Jika tahu bagaimana mencintai diri sendiri, kamu juga akan memperlakukan orang lain dengan cinta dan hormat. Kamu pun tak akan pernah bikin pasanganmu melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginan atau prinsip mereka.

Jangan menahan seseorang yang sudah tak cinta lagi padamu

Walau kesannya sangat kejam, faktanya kamu memang tidak bisa memaksa seseorang untuk mencintaimu selamanya. Tak peduli apakah kamu telah memberikan segalanya, percuma menahan seseorang yang sudah tak cinta lagi padamu.

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Jika perasaan cinta itu hilang, pikirkan apa yang terbaik untuk kalian. Mana yang akan kamu pilih? Mengakhiri cerita lama dan memulai yang baru atau memaksakan diri untuk tetap bersama?

Kamu tidak bisa memaksa seseorang mencintaimu

Secinta apa pun kamu pada seseorang, pada dasarnya ia tidak punya kewajiban untuk membalas cintamu. Kamu tak bakal bisa memaksa dirimu sendiri untuk mencintai seseorang yang jatuh cinta padamu jika kamu memang tidak menyukainya, bukan?

Walau begitu, kita perlu memperlakukan perasaan dan pilihan orang lain dengan hormat. Jangan mengejek orang yang mencintaimu.

Baca Juga: Sampai Posesif Berlebihan, Ini 4 Tanda Terobsesi kepada Pasangan

Selain itu, jika posisimu adalah orang yang tak berbalas cintanya, cobalah untuk lebih memantaskan diri. Siapa tahu, orang yang kamu cintai bisa luluh hatinya dan mau menjalin hubungan asmara denganmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI