Beauty

Yuk, Bikin Masker Kopi Pakai 4 Bahan Ini

Kopi bukan hanya bisa dinikmati dalam bentuk minuman. Khasiatnya juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Tinwarotul Fatonah | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi kopi / pexels.com
Ilustrasi kopi / pexels.com

Dewiku.com - Para penggemar kopi pasti setuju kalau minuman ini hampir tidak pernah gagal meningkatkan mood dan bikin lebih semangat.

Selain itu, kopi juga baik untuk perawatan kecantikan lho.

Tingginya kandungan antioksidan pada kopi ternyata mampu membantu mengencangkan dan menghaluskan kulit, termasuk menyamarkan bekas jerawat.

Manfaat tersebut bisa kamu rasakan dengan menggunakan masker kopi. Yuk, simak beberapa resep simpel pembuatannya! Dijamin simpel banget!

1. Ampas kopi dan yogurt

Ilustrasi yogurt / pexels.com

www.pexels.com

Campur ampas bubuk kopi dengan plain yogurt, lalu aduk hingga menjadi pasta. Gunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih lembut.

Yogurt sendiri mengandung lactic acid dan anti-inflamasi yang mampu melembabkan, mencerahkan serta meningkatkan elastisitas kulit. 

2. Kopi dan Lemon

Ilustrasi lemon/pexels.com

www.pexels.com

Lemon sudah lama dikenal sebagai buah yang mengandung antioksidan tinggi sekaligus sumber vitamin C yang bermanfaat mencerahkan kulit. Serasi banget kalau dipadukan dengan manfaat serupa yang dimiliki kopi.

Campurkan kopi hitam dengan satu sendok makan air perasan lemon, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama kira-kira 20 menit hingga mengering. Bilas dengan menggunakan air dingin.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan masker kopi dan lemon sebanyak dua kali dalam sepekan ya.

3. Kopi dan minyak zaitun

Ilustrasi minyak zaitun/pexels.com

www.pexels.com

Buat adonan pasta dari dua sendok makan kopi bubuk dengan dua sendok makan munyai zaitun. Oleskan ke wajah secara merata lalu biarkan meresap hingga sekitar 30 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan air dingin.

Masker yang satu ini cocok untuk kulit yang cenderung kering. Minyak zaitun akan membantu mengembalikan kelembaban alami pada kulit. Lakukan tiga kali dalam sepekan untuk hasil terbaik ya. 

4. Ampas kopi dan madu

Ilustrasi madu/pexels.com

www.pexels.com

Seperti beberapa resep sebelumnya, campur ampas kopi dan madu dengan menggunakan perbandingan 1:1. Setelah itu, masker bisa langsung dioleskan ke wajah dan ditunggu hingga mengering. Wajah kemudian dibersihkan dengan air hangat, lalu dibilang dengan air dingin.

Masker kopi dan madu ini bisa digunakan sebanyak 1-2 kali seminggu. Kadungan vitamin B dan C serta antioksidan dan antibakteri pada madu sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Siapa bilang kalau cantik harus modal perawatan mahal? Mulai sekarang, kamu bisa bikin masker sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini