Siap Makin Cantik, Bikin Masker Alami Berbahan Wortel Yuk!

Wortel tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit.

By: Tinwarotul Fatonah icon Sabtu, 23 Juni 2018 icon 14:10 WIB
Siap Makin Cantik, Bikin Masker Alami Berbahan Wortel Yuk!

Ilustrasi wortel / pixabay.com

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, vitamin A dan C, mineral, serta antioksidan yang banyak terkandung dalam wortel ternyata juga mampu membantu merawat kecantikan kulit wajah.

Ada yang sudah pernah mencoba menggunakan masker wortel? Berikut ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan:

1. Mencerahkan kulit wajah

Wajah cerah dan glowing maksimal bisa kamu dapatkan tanpa harus pakai macam-macam kosmetik kalau kamu rutin menggunakan masker wortel sekali dalam sepekan. Kandungan antioksidan berupa beta karoten yang terdapat pada wortel akan bekerja memberikan rona kekuningan pada kulit sehingga terlihat lebih bercahaya.

Ilustrasi cewek / unsplash.com www.unsplash.com

2. Mencegah tanda-tanda penuaan

Wortel dapat meningkatkan produksi protein kolagen yang bertugas menjaga elastisitas kulit sehingga akan mencegah timbulnya keriput. Pada saat yang sama, kandungan lain berupa beta karoten dan vitamin A akan menangkal radikal bebas sehingga turut membantu mencegah tanda-tanda penuaan, termasuk masalah pigmentasi dan warna kulit yang tidak rata.

3. Melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari

Tingginya kandungan antioksidan dan karotenoid berfungsi melindungi dan meningkatkan kekebalan kulit terhadap sinar matahari. Rajin pakai masker wortel juga bisa mempercepat penyembuhan kulit yang rusak akibat terbakar sinar matahari terlalu lama. 

Ilustrasi cewek / unsplash.com www.unsplash.com

4. Perawatan kulit kering

Kekurangan mineral dan potassium dapat mengakibatkan kulit menjadi kering. Nah, wortel ini juga kaya akan potassium dan mineral sehingga sudah jelas cocok untuk menjaga kulit tetap lembap dan ternutrisi. 

Lalu bagaimana cara membuat masker wortel secara alami? Gampang banget kok!

Campurkan 2 sendok teh wortel parut dengan masing-masing 1 sendok teh madu dan susu segar, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun. Aduk hingga rata lalu oleskan pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Ilustrasi pembuatan masker wortel / Pinterest Pinterest

Kalau mau hasil yang lebih maksimal lagi, jangan cuma puas pakai masker wortel saja. Ada baiknya kamu juga mengonsumsi jus wortel secara rutin. Nggak cuma cantik, tapi jadi sehat juga nih!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI