Beda Sunscreen dan Sunblock yang Perlu Kamu Tahu

Mulai sekarang bisa dong ya membedakan sunscreen dan sunblock.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 26 Juni 2018 icon 11:45 WIB
Beda Sunscreen dan Sunblock yang Perlu Kamu Tahu

pexels.com

Saat ini banyak yang sudah sadar akan pentingnya menjaga kulit dari paparan sinar matahari karena efek buruk sinar UVA dan UVB.

Kulit terbakar, penuaan dini dan kanker kulit bisa saja terjadi jika terlalu berlebihan terpapar dua sinar tersebut.

Cara paling tepat untuk mengahadapinya adalah dengan mengoleskan sunscreen atau sunblock.

Mungkin banyak dari kamu yang sudah menambahkan sunscreen dan sunblock dalam skincare harian. Namun sebenarnya, adakah bedanya sunscreen dengan sunblock? Yuk simak ulasan Dewiku.com di bawah ini untuk mengetahuinya!

1. Cara Kerja

Sunblock disebut juga sebagai physical sunscreen. Sunblock secara fisik menangkal atau menghalangi sinar matahari sebelum meresap ke dalam kulit dengan membangun lapisan pelindung di atas permukaan kulit.

Sunscreen alias chemical sunscreen, bekerja layaknya spons dengan menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang meresak ke dalam kulit.

2. Kandungan

Sunscreen memiliki kandungan seperti Aminobenzoic acid, Avobenzone, Cinoxate, Dioxybenzone serta sederet bahan kima aktif lainnya. Kalau sunblock lebih memanfaatkan kandungan titanium dan zinc sebagai UV Filter di dalamnya.

Jadi cara mudah untuk membedakan sunblock dan sunscreen adalah dengan melihat kandungan produknya, jika tidak menyertakan titanium dan zinc maka produk tersebut kemungkinan besar adalah sunscreen.

3. Tekstur

Tekstur lotion sunblock cenderung kental, berwarna putih susu, dan dapat terlihat jelas oleh mata. Sehingga akan meninggalkan residu warna putih di kulit setelah diaplikasikan. Sunblock adalah rekomendasi perlindungan terbaik jika kamu memiliki aktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari. Sunblock pun dapat segera memberi perlindungan setelah dioleskan.

Berbeda dengan sunblock, sunscreen ini umumnya lebih encer, enggak berwarna dan enggak meninggalkan residu. Sunscreen bertekstur tipis dan ringan pada kulit, sehingga dapat diterapkan di bawah makeup. Tapi untuk efek perlindungannya harus menunggu beberapa saat setelah dioleskan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI