Beauty

Wajib Tahu, 5 Tips Memilih Foundation

Setelah baca ulasan ini, kamu nggak bakal dilema lagi saat beli foundation deh.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com

Dewiku.com - Nggak sedikit cewek yang mengalami dilema saat memilih foundation yang tepat, mulai dari salah shade hingga tekstur. Nggak mau dong setelah beli, apalagi kalau harganya mahal, justru nggak cocok dengan jenis kulit?

Nah berikut Dewiku.com kasih bocoran bagaimana tips memilih foundation biar kamu nggak menyesal nantinya.

1. Coba langsung di leher atau wajah

Sebelum membeli, umumnya orang bakal mengoleskan tester foundation di tangan. Hal ini nggak efektif. Pasalnya, warna kulit tangan beda dengan kulit wajah. Lebih baik coba di leher atau bagian wajah seperti dagu, kemudian bawa jalan-jalan sebentar untuk tahu apakah foundation tersebut akan oksidasi atau berubah warna setelah diaplikasikan.

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com

2. Shade yang tepat

Beruntung saat ini sudah banyak sekali shade foundation yang bisa kita pilih. Kuncinya pilih yang paling mirip dengan warna dasar kulit. Jangan memilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih gelap atau lebih cerah. Ini untuk menghindari belang antara wajah dengan kulit tubuh lainnya.

3. Sesuaikan kondisi kulit

Kalau kulit wajah kering, lebih baik pilih formula foundation yang oily atau liquid. Sebaliknya, kalau punya kulit normal atau berminyak lebih baik cari formula yang oil-free atau water based.

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com

4. Ketahanan

Ketahanan juga jadi salah satu masalah yang penting terutama buat kita yang tinggal di wilayah tropis, seperti Indonesia. Kadang saking panasnya makeup jadi cepat luntur, sehingga kalau butuh foundation untuk beraktivitas seharian pilih yang klaimnya long-lasting ya.

5. Hasil akhir

Ada berbagai macam jenis hasil foundation yang bisa dipilih. Contohnya untuk kulit berminyak disarankan hasil akhir matte atau semi matte. Sedangkan untuk kulit kering sebaiknya cari yang hasil akhirnya silky atau radiant finish, sehingga kulit nampak dewy.

Berita Terkait

Berita Terkini