Beauty

4 Bahan Alami Paling Favorit untuk Perawatan Kecantikan

Kamu nggak perlu lagi perawatan mahal di salon kecantikan elit.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi cantik dengan bahan alami. (Instagram/@nelliediamond)
Ilustrasi cantik dengan bahan alami. (Instagram/@nelliediamond)

Dewiku.com - Istilah cantik nggak harus mahal mungkin ada benarnya, Girls! Untuk tampil cantik, kamu nggak perlu melakukan perawatan mahal di salon-salon kecantikan kelas atas. Cukup memanfaatkan bahan alami sebagai pengganti skincare. Di antara banyak bahan alami yang bisa dijadikan bahan skincare, inilah empat yang paling murah dan ampuh.

Simak ringkasannya di bawah ini.

Ilustrasi mentimun. (Pinterest)
Ilustrasi mentimun. (Pinterest)

1. Timun

Timun memiliki kandungan air yang sangat banyak. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk melembapkan wajah secara alami. Caranya sangat mudah. Parut timun hingga berbentuk seperti masker dan apilkasikan langsung pada wajah yang bersih dan setengah basah. Biarkan kandungan alaminya meresap dan bilas setelah 20 menit.

Timun mengandung Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Niacin (vitamin B3), Vitamin B6, Asam Folat, Kalsium, Besi, Potasium, Zinc, Magnesium dan Fosfor. semua itu sangat baik untuk menutrisi kulit wajah.

Satu lagi kandungan dalam timun yang sulit didapat dalam bahan alami lainnya, yaitu silika. Silika adalah mineral yang bisa memperkuat jaringan ikat pada kulit yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Ilusrasi santan kelapa. (Pinterest)
Ilusrasi santan kelapa. (Pinterest)

2. Santan kelapa

Santan kelapa sudah terkenal sebagai bahan alami untuk menyehatkan rambut. Kandungan minyaknya bisa dimanfaatkan sebagai pelembap alami dan sangat ampuh mengembalikan kemilau rambut rusak. Kamu cukup menghangatkan santan kelapa hingga suam-suam kuku dan menggunakannya langsung setelah keramas.

Pastikan santan yang kamu gunakan tidak terlalu panas agar kulit kepala tidak iritasi karena suhu yang terlalu tinggi. Bilas rambut setelah 30 menit dan lakukan secara rutin seminggu sekali.

Santan mengandung vitamin B1, B3, B5, B6, vitamin C dan E. Selain kaya akan vitamin, santan juga mengandung zat besi, selenium, kalsium, magnesium dan fosfor. Semuanya sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan folikel rambut

Ilustrasi kentang. (Pexels)
Ilustrasi kentang. (Pexels)

3. Kentang

Umbi pengganti karbohidrat selain nasi ini ternyata sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah dan rambut. Kandungan antioksidannya ampuh untuk menghambat penuaan dini dan mengatasi jerawat pada kulit berminyak, sedangkan kulit kentang dipercaya untuk menghitamkan rambut yang sudah memutih alias uban.

Wajar saja kentang memiliki begitu banyak manfaat, kandungan nutrisi dalam kentang ternyata cukup beragam, seperti Protein, Vitamin A, B dan c serta fosfor dan kandungan mineral lainnya.

Jika ingin membuat masker kentang, kamu cukup memarut kentang hingga menyerupai masker dan menempelkannya pada permukaan kulit. Setelah dirasa cukup terserap, bilas wajah dengan air bersih.

Kalau kamu mau membuat masker kentang untuk menghitamkan rambut putih, kamu cuma perlu merebus kulit kentang selama 30 menit dan menggunakannya sebagai bilasan setelah keramas. Bilas dengan air bersih setelah menunggu setengah jam agar khasiatnya menyerap sempurna pada batang rambut.

Ilustrasi bubuk kopi. (Pexels)
Ilustrasi bubuk kopi. (Pexels)

4. Bubuk kopi

Kopi memiliki beragam kandungan yang baik kesehatan kulit. Selain kandungannya yang kaya nutrisi, bubuk kopi juga bisa kamu manfaatkan sebagai scrub alami.

Caranya sangat mudah. Campurkan setengah cangkir ampas kopi dengan sedikit garam dan baby oil. Kamu bisa menggunakan ramuan alami ini untuk scrubing seluruh tubuh termasuk wajah.

Gimana? Mudah kan? Bahan alami ini akan jauh lebih murah dari skincare buatan pabrik dan tentu saja lebih alami. Selamat mencoba ya!

Berita Terkait

Berita Terkini