3 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengikat Rambut

Kamu yang setiap hari suka mengikat rambut, mesti hati-hati.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 29 Agustus 2018 icon 11:45 WIB
3 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengikat Rambut

Ilustrasi perempuan mengikat rambut. (Pixabay)

Kamu yang nggak suka terlalu ribut soal gaya rambut mungkin lebih suka membiarkan rambut tergerai bebas. Kalaupun harus menatanya, paling ujung-ujungnya kamu cuma mengikat rambut. Ikatan rambut bahkan bisa berharap seharian pernuh karena simpel dan anti gerah banget.

Namun, terlalu sering mengingat rambut ternyata termasuk kebiasaan buruk. Dilansir dari Daily Mail, seorang balerina bernama Diva mempunyai pengalaman buruk soal mengikat rambut.

Diva belajar balet sejak berusia 3 tahun. Ibunya selalu mendandani rambut Diva dengan sanggul yang kuat. Akibatnya, dia mengalami kebotakan parah di usia 13 tahun.

Baca Juga: Tutorial Glass Hair, Trend Gaya Rambut ala Seleb Hollywood

Ilustrasi balerina. (Pixabay)
Ilustrasi balerina. (Pixabay)

 

Kamu nggak ingin seperti Diva, kan? Terlalu sering mengikat rambut bukan hanya bisa menjadi penyebab kebotakan, Girls. Berikut beberapa dampak buruk lain yang perlu kamu tahu.

1. Rambut mudah patah

Baca Juga: Rahasia Menarik di Balik Gaya Rambut Ariana Grande

Mengikat rambut terus menerus akan melemahkan rambut. Akibatnya, rambut menjadi rentan rusak dan mudah patah, apalagi jika kamu terus-terusan mengikat rambut di tempat yang sama.

2. Menyebabkan ketombe dan gatal pada kulit kepala

Saat rambut diikat, sirkulasi udara di sekitar kepala menjadi kurang lancar dan bisa bikin lembab. Kondisi itu kemudian menjadi salah satu penyebab kulit kepala menjadi gatal dan berketombe.

Ilustrasi perempuan mengikat rambut. (Pixabay)
Ilustrasi perempuan mengikat rambut. (Pixabay)

 

3. Rambut menjadi rontok

Seperti Diva, terlalus sering mengingat rambut dengan kuat bisa membuat rambut cepat rontok. Kamu juga tidak disarankan mengikat rambut dalam keadaan basah, ya. Rambut basah itu lebih rapuh sehingga rentan rontok.

Girls, mengikat rambut itu tidak dilarang. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering. Jika memang harus, gunakan karet atau kuncir berbahan halus dan menghasilkan ikatan yang relatif longgar. 

Kalau kamu terlalu kuat dalam mengikat rambut, coba perhatikan baik-baik. Biasanya ada beberapa helai rambut yang ikut tertarik dan kemudian patah atau rontok, kan? Apalagi saat melepas ikatan rambut.

 

Baca Juga: 4 Bahaya Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Artikel ini sudah dipublikasikan di HiMedik.com dengan judul Awas! Ini Dampak Buruk Terlalu Sering Mengikat Rambut

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI