Beauty

Punya Bibir Tipis dan Sensitif? Ini Tips Merawatnya

Solusi tepat untuk mengatasi masalah bibir tipis dan sensitifmu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi bibir tipis dan sensitif. (Unsplash/Fabian Albert)
Ilustrasi bibir tipis dan sensitif. (Unsplash/Fabian Albert)

Dewiku.com - Selama ini kita pasti hanya fokus merawat kulit wajah hingga melupakan area lainnya, termasuk bibir. Jika kamu mempunyai masalah bibir tipis dan sensitif, berikut ini ada beberapa tips merawatnya.

Jika kamu sering memakai lipstik dan tak merawat bibir dengan baik, dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Salah satunya bibir kering. Hal ini disebabkan karena kulit bibir tidak memiliki membran pelindung sebanyak yang dimiliki bagian kulit lainnya

Apa aja sih, tips merawat bibir tipis dan sensitif? Simak di bawah ini, yuk!

1. Hentikan kebiasaan menjilat bibir

Menjilat bibir memang awalnya akan memberikan rasa nyaman karena menjadikannya terasa lebih lembap dan tidak kering lagi. Namun, kebiasaan ini justru akan membuat kondisi bibir akan semakin bertambah kering.

Hal ini disebabkan  kulit bibir tidak memiliki membran pelindung sebanyak yang dimiliki bagian kulit lainnya, sehingga air liur yang mengenai bibir akan menguap dan membuatnya semakin kering.

Ilustrasi bibir tipis dan sensitif. (Unsplash/Greg Kantra)
Ilustrasi bibir tipis dan sensitif. (Unsplash/Greg Kantra)

2. Hindari lip balm dengan kandungan fenol

Apakah kamu pernah menikmati sensasi dingin saat menggunakan sebuap lip balm? Dapat dipastikan lip balm tersebut mengandung fenol atau menthol.

Namun, alangkah baiknya jika kamu tidak memilih produk yang mengandung cooling sensation karena kemungkinan besar lip balm tersebut mengandung fenol yang dapat meningkatkan sensitivitas sekaligus menjadikannya lebih kering.

3. Tetap lakukan eksfoliasi

Tak hanya kulit wajah dan tubuh yang perlu ekfoliasi, namun kulit bibir pun juga membutuhkannya. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan bibir.

Ilustrasi bibir tipis dan sensitif. (Unsplash/Ian Dooley)
Ilustrasi bibir tipis dan sensitif. (Unsplash/Ian Dooley)

4. Manfaatkan lemon dan madu

Salah satu tips merawat bibir tipis dan sensitif adalah dengan memanfaatkan lemon dan madu. Penggunaan bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikan memang sudah banyak dilakukan untuk wanita. Termasuk lemon dan madu yang dipercaya efektif mengatasi masalah bibir.

Lemon dapat menghilangkan sel kulit mati sekaligus mencerhakan warna bibir. Sedangkan madu, dipercaya efektif dalam melembapkan bibir kering.

Berita Terkait

Berita Terkini