Tumit Kamu Pecah-Pecah? Mungkin Ini Penyebabnya

Tanpa kamu sadari, penyebabnya cuma hal sepele.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 14 November 2018 icon 07:00 WIB
Tumit Kamu Pecah-Pecah? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi kaki. (Unsplash/Liliya)

Tak hanya kulit wajah saja yang punya masalah, tumit kaki juga. Kamu sering mengalami tumit pecah-pecah? Mungkin di bawah ini penyebabnya.

Tumit adalah bagian dari kaki yang menjadi tumpuan ketika berdiri dan berjalan. Tumit pecah-pecah sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi.

Namun, mungkin kita bisa cari tahu lebih dalam tentang penyebab tumit pecah-pecah. Penasaran apa saja? Cek di bawah ini, yuk.

1. Dehidrasi

Kandungan air di dalam tubuh bisa memengaruhi kelembapan alami kulit. Jika tubuh kurang cairan, bukan tidak mungkin tumit akan menjadi kering, bahkan hingga pecah-pecah. Jadi pastikan selalu konsumsi cukup air agar kelembapan alami kulit tetap terjaga.

Ilustrasi minum air putih / pixabay.com
Ilustrasi minum air putih. (Pixabay)

2. Sering terkena air panas

Terlalu sering mandi dengan air panas mempunyai dampak yang sama terhadap kulit dan tumit. Ini akan membuat kering hingga pecah-pecah. Disarankan untuk tidak terlalu sering mandi dengan air panas dan mengeringkan tumit dengan handuk kering setiap tumit basah.

3. Permukaan lantai kasar

Permukaan lantai yang kasar akan sangat berpengaruh pada tumit kita. Sebab tumpuan langsung yang sangat kasar, secara nggak langsung akan merusak tekstur permukaan tumit. Jadi, tumit akan menjadi pecah-pecah.

Sepatu merah. (Unsplash/Junko Nakase)
Ilustrasi sepatu. (Unsplash/Junko Nakase)

4. Terlalu lama berdiri

Salah satu penyebab tumit pecah-pecah adalah terlalu lama berdiri. Terlalu lama berdiri menyebabkan kulit kaki khususnya tumit akan menjadi tebal dan keras. Lama-kelamaan tumit akan menjadi pecah-pecah dan mengelupas.

Disarankan untun menggunakan alas kaki yang empuk setiap berkegiatan yang membuat kamu berdiri dalam jangka waktu yang lama.

Itulah tadi penyebab tumit pecah-pecah. Semoga informasi ini bermanfaat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI