Jangan Bingung, Ini Bedanya Whitening dan Brightening

Cari tahu bedanya pemutih dan pencerah kulit, yuk!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 24 November 2018 icon 14:30 WIB
Jangan Bingung, Ini Bedanya Whitening dan Brightening

Ilustrasi memakai skincare. (Unsplash/Humphrey Mule)

Semakin berkembangnya zaman, istilah pemutih kulit menjadi beragam. Ada yang masih memakai istilah pemutih kulit, ada juga yang mengunggulkan pencerah kulit. Sebenarnya apa sih bedanya whitening dan brightening?

Bukan menjadi rahasia lagi jika banyak wanita suka memakai skincare dengan kandungan pemutih. Tujuannya agar kulit wajah atau badan menjadi lebih putih dan bersih. Namun, masih banyak yang bingung tentang perbedaan whitening dan brightening.

Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)
Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)

Whitening

Baca Juga: Revolution Luncurkan Skincare Mirip The Ordinary, Dupe?

Krim pemutih kulit biasanya dibuat untuk memutihkan kulit dengan cara menghambat aksi tirosinase enzim di dalam kulit. Enzim ini berfungsi memproduksi pigmen melanin. Melanin memberikan perlindungan kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Produksi melanin yang berlebih atau akumulasi dapat menyebabkan noda gelap, hiperpegmentasi, dan warna kulit yang tidak merata.

Biasanya pemutih seperti Hydroquinine ditambahkan ke dalam krim untuk memutihkan kulit. Hydroquinine juga sangat efektif dalam memperlambat produksi melanin, tetapi penelitian menunjukkan bahwa terdapat efek samping serius terkait dengan penggunaan jangka panjang dari bahan sintesis.

Baca Juga: Susah-Susah Gampang, Simak Tips Perawatan Skincare Berikut Ini

Menyimpan produk skincare / Unsplash.com
Ilustrasi skincare. (Unsplash)

Brightening

Biasanya produk pencerah kulit umumnya berguna untuk mencerahkan kulit kusam melalui pengelupasan kulit. Kulit kusam dapat disebabkan oleh sinar matahari, polusi, dan faktor dari dalam diri, seperti stres.

Secara alami, memang kulit akan memperbaharui dirinya sendiri, dari waktu ke waktu. Namun bisa terjadi pembaharuan kulit tak berjalan dengan baik. Ini akan membuat penumpukan sel kulit mati yang berakibat terjadinya kulit kusam.

Brightening biasanya mengandung exfoliant yang dikombinasikan dengan anti oksidan dan ekstrak lainnya untuk merevitalisasi kulit.

Whitening vs Brightening

Pada umumnya, perbedaan signifikan antara whitening dan brightening terletak pada kandungan yang digunakan. Jadi disarankan untuk memeriksa bahan-bahan yang tercantum dalam kemasan sebelum memilih dan membeli produk whitening atau brightening.

Baca Juga: Ini Lho, Arti Paraben Free di Kemasan Produk Skincare

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang bedanya whitening dan brightening. Jadi kamu lebih mantap pakai produk pemutih kulit atau pencerah kulit?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI