Beauty

Tidak Cuma Makeup Brush, Kamu Perlu Bersihkan Alat Catok Juga

Alat catok rambut pun menyimpan banyak kotoran.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Menggunakan catok rambut. (Shutterstock)
Menggunakan catok rambut. (Shutterstock)

Dewiku.com - Membersihkan makeup itu wajib hukumnya jika tak mau wajah bermasalah. Namun apakah kamu pernah mengecek kebersihan alat catok atau pelurus rambut?

Jika jawabannya tidak, mulai sekarang kamu mungkin ingin mengeceknya. Sebab, produk penataan rambut bisa membuat catok sangat kotor dan bukan tidak mungkin menyumbang kerusakan rambut.

Pelat alat rambut terkena banyak zat, termasuk hairspray dan produk lain yang telah diaplikasikan ke rambut serta minyak rambut sendiri yang keluar dari kulit kepala.

Penumpukkan semua hal ini dapay menghentikan alat catok bekerja dengan benar. Ada juga kemungkinan besar rambut akan dilapisi oleh semua kotoran dan bakteri.

Selain itu, seperti barang-barang lain di sekitar rumah, pelurus rambut bisa tertutupi oleh banyak hal kotor, termasuk debu dan kotoran. Namun, bukan berarti kamu harus bergegas pulang dan membuang catok milikmu. Ada solusi untuk menjadikannya lebih baik.

Ilustrasi perempuan memakai catokan pelurus rambut (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan memakai catokan pelurus rambut (Shutterstock)

Seperti dikutip dari Mirror, Jo Robertson, Kepala ghd Inggris dan Republik Irlandia mengungkap bagaimana kita dapat membuat alat pelurus rambut bersih kembali dan menyingkirkan semua hal-hal buruk.

Dia mengatakan, "Setelah Anda selesai menata rambut, letakkan catok dan biarkan dingin. Saat sudah dingin, ia harus disimpan tanpa melilitkan kabel di sekitar styler karena ini akan mempersingkat masa pakai produk dan merusak kabel dari waktu ke waktu."

Ilustrasi alat penata rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi alat penata rambut. (Shutterstock)

Untuk membersihkan alat catok, ia menyarankan penggunaan kain lembut yang agak lembab atau lap bayi dan jangan pernah merendam catok dalam air.

Teknik yang sama bisa diterapkan pada sikat rambut. Semakin sering membersihkan alat catok dan alat penata rambut lainnya, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kebersihan rambutmu.

Berita Terkait

Berita Terkini