Minum Kopi Katanya Bikin Jerawatan, Kok Bisa?

Siapa yang suka banget minum kopi, nih?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 04 Agustus 2019 icon 16:00 WIB
Minum Kopi Katanya Bikin Jerawatan, Kok Bisa?

Minum kopi. (Unsplash/Ava Sol)

Halo, penyuka kopi! Apakah kamu merasa jadi lebih rentan jerawatan karena sering minum kopi? Namun, apa hubungannya kebiasaan ngopi dan munculnya jerawat?

Melansir Health Line, kopi ternyata memang berpotensi menjadi penyebab jerawat karena memicu hormon stres.

Hormon stres barangkali tidak secara langsung menjadi penyebab munculnya biang keladi jerawat. Walau begitu, stres diketahui mampu memicu produksi minyak berlebih di wajah sehingga pori-pori semakin rawan tersumbat dan itulah yang dikaitkan dengan masalah jerawat.

Baca Juga: Gadis Ini Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Dampaknya Ngeri Banget

Kopi juga disebut dapat membuat tubuh seolah kebal dengan insulin yang kemudian malah meningkatkan produksi hormon tersebut dalam darah. Akibatnya, lagi-lagi adalah produksi minyak yang lebih banyak.

Kebiasaan minum kopi setelah makan juga tak baik. Konsumsi kopi bakal mengganggu penyerapan gizi dan mineral dalam makanan yang disantap. Nah, tahukah kamu bahwa jerawat juga dapat disebabkan tubuh kekurangan mineral seperti zat besi dan lainnya?

Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

Jika kamu penggemar kopi susu, risikonya bahkan menjadi lebih besar, apalagi yang sudah terlanjur jerawatan. Rasa manis yang dikaitkan dengan kondisi gula darah akan meningkatkan peradangan pada kulit serta memicu produksi sebum berlebih.

Baca Juga: Jerawat Dewasa dan Sebabnya yang Perlu Kamu Tahu

Guna meminimalkan risiko, sebaiknya kurangi intensitas minum kopi. Selain itu, cobalah kurangi gula atau ganti campuran susu dengan nondairy milk.

Baca Juga: Jerawat Tak Mau Sembuh, 3 Kebiasaan Buruk Ini Sebabnya

Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shuttertsock)
Ilustrasi teh hijau. (Shuttertsock)

Kebiasaan minum kopi di pagi hari juga hendaknya diselingi dengan minuman lain seperti teh hijau, teh hijau, atau jus hijau. Kopi bebas kafein juga bisa dijadikan alternatif walaupun efeknya tidak begitu signifikan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI