Gadis Ini Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Dampaknya Ngeri Banget

Kopi memang berkhasiat untuk kesehatan tapi tetap tidak boleh berlebihan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 04 Maret 2019 icon 19:48 WIB
Gadis Ini Minum 10 Cangkir Kopi Sehari, Dampaknya Ngeri Banget

Ilustrasi minum kopi. (Pexels)

Bagi beberapa orang, kopi sudah menjadi hal wajib untuk mengawali hari atau malah teman kerja terbaik. Selain berguna mengusir kantuk, minum kopi juga dapat membuat seseorang merasa lebih semangat.

Namun, seperti yang kita tahu, kopi pun tidak seharusnya dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dibuktikan oleh kisah Han Xiao, seorang perempuan 30 tahun asal China.

Dilaporkan World of Buzz, Han Xiao rupanya memiliki kebiasaan minum kopi hingga 10 cangkir atau bahkan lebih dalam sehari.

Baca Juga: Ternyata Kopi Bisa Bikin Rambut Jadi Lebih Sehat, Masa sih?

Bukan hanya itu, Han juga suka meminum kopi hitam dan telah melakukan kebiasaan ini selama kurang lebih selama 7 tahun. Akibat kebiasaannya terlalu banyak minum kopi itu, hal mengerikan pun terjadi pada tubuh Han Xiao.

Awalnya, Han Xiao menderita flu dan batuk yang cukup parah selama sekitar setengah bulan.

Membuat scrub kopi. (Unsplash/Janko Ferli)
Minuman kopi. (Unsplash/Janko Ferli)

Saat sedang batuk itulah, Han Xiao tiba-tiba merasakan sakit yang amat sangat di bagian dada. Dia mulanya tak begitu curiga dan mencoba untuk tidur, sampai dirinya menyadari jika bahkan tidak bisa berguling dalam tidurnya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Karakter Penikmat Kopi dan Teh

Han khirnya memutuskan untuk pergi ke rumah sakit dan melakukan X-ray. Saat itulah, diketahui bahwa tulang rusuk ketiga, keempat dan kelima Han sudah patah akibat tekanan yang terjadi selama batuk.

Guna mendalami penyebab patahnya tulang rusuk Han, dokter pun mengajukan beberapa pertanyaan dan melakukan tes kepadatan tulang.

Ilustrasi X-ray (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi X-ray (Pixabay/rawpixel)

Hasilnya, tulang Han Xiao yang masih berumur 30 tahun diketahui setara dengan tulang seseorang yang sudah berumur 60 tahun. Dia juga didiagnosis mengalami osteoporosis tahap awal akibat kopi yang diminumnya selama ini.

Baca Juga: Mencerahkan Kulit dengan Masker Labu Kopi, Gimana Caranya Ya?

Tak hanya Han Xiao, dokter tersebut mengatakan bahwa kasus serupa pernah terjadi pada lelaki 23 tahun yang suka menegak minuman bersoda. Duh, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, ya. (GuideKu.com/Amertiya Saraswati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI