Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Buah Kaktus untuk Perawatan Kulit

Berikut beberapa manfaat buah kaktus untuk perawatan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 11 September 2021 icon 15:00 WIB
Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Buah Kaktus untuk Perawatan Kulit

Ilustrasi buah kaktus. (Pixabay/analogicus)

Mayoritas orang Indonesia cenderung masih asing dengan buah kaktus atau dalam bahasa latin disebut opuntia coccinellifera fruit. Padahal, buah ini telah terbukti punya banyak manfaat untuk perawatan kulit, lho.

Jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di wilayah gurun ini, jika diekstraksi atau diambil bahan aktifnya, mengandung segudang manfaat untuk perawatan kulit.

Manfaat ekstrak buah kaktus antara lain berfungsi sebagai antiaging, menghidrasi, antimicroba, detoks, hingga meredakan jerawat.

Baca Juga: Ingin Coba Gunakan Skincare Baru? Lakukan Tes Sederhana Berikut

Salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering dipakai untuk skincare adalah jenis opuntia coccinellifera fruit extract.

Buah kaktus
Buah kaktus (Dok. AYSI Skincare)

Ini karena, opuntia coccinellifera fruit extract dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun serta telah teruji klinis dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan, dijadikan bahan makanan, hingga masalah kulit wajah.

Ekstra buah kaktus punya kandungan yang lebih kaya akan vitamin C dan ekstra melembapkan. Hidup di area padang pasir yang kering dan gersang, tanaman ini jadi kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembapkan.

Baca Juga: Perubahan Cuaca Bikin Wajah Kusam, Begini Cara Mengatasinya

Berikut ini, empat manfaat ekstrak buah kaktus untuk kulit, mengutip siaran pers AYSI Skincare.

Menghidrasi dan melembapkan kulit

Kulit rentan mengalami dehidrasi kalau kelembapannya tak terjaga. Menurut dermatologist dr. Ruri Pamela, SpKK, senyawa yang ada dalam opuntia coccinellifera fruit extract atau ekstrak buah kaktus mampu membikin kulit tampak lebih lembab dan kenyal.

Singkatnya, bisa dibilang ekstak buah kaktus sangat cocok digunakan untuk karakter kulit kering.

Meredakan Jerawat

Ekstrak buah kaktus juga dikatakan ampuh untuk meredakan jerawat dan kemerahan atau blemish.

"Berkat kandungan antiinflamasi, ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekitar 7 hingga 10 hari," ucap dr. Ruri.

Ilustrasi buah kaktus. (Pixabay/Valter Cirillo)
Ilustrasi buah kaktus. (Pixabay/Valter Cirillo)

Antiaging atau antipenuaan

Ekstrak buah kaktus mengandung vitamin E dan asam lemak baik yang dibutuhkan sebagai bagian dari stratum corneum atau lapisan kulit atas.

Hasilnya, kandungan ini memperkuat barrier kulit dari pengaruh lingkungan dan membantu menyehatkan kulit, serta menghambat proses aging walau manfaat antioksidan di dalamnya kadang tak terasa perubahannya.

Antiinflamasi atau peradangan

Inflamasi peradangan akibat jerawat jadi masalah umum yang kerap dialami, tapi kandungan antiinflamasi dalam ekstrak buah kaktus bisa menenangkan kulit sehingga bekas jerawat lebih gampang udah hilang.

Namun, pemilik kulit hipersensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare mengandung ekstrak buah kaktus. Sebab, bisa menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus.

Baca Juga: 2 Brand Ini Kolaborasi Bikin Skincare dari Kopi Lokal, Intip Produknya

"Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi, akan berisiko muncul ruam kemerahan, disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari," tutur dr. Ruri. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI