Fashion

4 Kebiasaan yang Bikin Sneakers Kesayangan Gampang Rusak

Namanya juga sepatu kesayangan. Siapa sih yang pengin sneakers andalannya cepat rusak?

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi sepatu sneakers / pixabay.com
Ilustrasi sepatu sneakers / pixabay.com

Dewiku.com - Sepatu sporty jenis sneakers memang nyaman untuk menemani aktivitas sehari-hari. Sneakers juga bisa dipadu-padankan dengan hampir semua model pakaian.

Kamu tentu enggak mau sepatu kesayanganmu itu cepat rusak kan? Namun, mungkin terkadang kamu tidak sadar kalau selama ini telah melakukan beberapa hal yang bikin si sneakers jadi gampang rusak. Apa saja ya kira-kira?

1. Dipaksa naik gunung bareng

Ilustrasi sneakers / pixabay.com

 www.pixabay.com

Sepatu sneakers memang nyaman dipakai jalan kemana-mana sih. Cuma kalau sampai kamu kenakan pas hiking atau gunung, kayaknya itu berlebihan deh. Ada jenis sepatu lain yang lebih nyaman dan aman buat kamu.

Sneakers memang fleksibel tapi cenderung didesain untuk kegiatan yang ringan-ringan saja, seperti kuliah, ngantor, jalan-jalan di mall, atau tempat lain yang medannya masih tergolong biasa.

2. Saat mencuci sepatu, jangan direndam terlalu lama

Sekotor apapun sneakers kesayanganmu, enggak perlu kamu rendam berjam-jam juga. Perlakuan seperti itu hanya akan membuat bahan dan lem sepatu cepat rusak dan mengelupas. Jadi, rendam selama beberapa menit saja. Menyikat sneakers secara perlahan sebenarnya bakal lebih efektif, meskipun kamu memang harus lebih telaten.

3. Menjemur sepatu basah di bawah sinar matahari langsung

Tujuannya baik, biar cepat kering. Sayangnya, ini yang bikin sepatumu jadi gampang jelek. Warnanya jadi cepat memudar.

Coba keringkan sepatumu dengan menaruhnya di tempat-tempat yang tetap bisa kena penas matahari tapi tidak secara langsung. Misalnya di bawah atap transparan. Bisa juga kamu taruh di tempat panas beberapa saat, pindahkan ke tempat lain yang lebih teduh setelah agak mengering, lalu lanjut diangin-anginkan saja.

4. Sepatu disimpan di tempat yang lembab

Ilustrasi sepatu sneakers / pixabay.com

www.pixabay.com

Pada dasarnya, tempat penyimpanan yang lembab membuat barang-barang milikmu cepat berjamur, termasuk sneakers. Lebih baik di tempat yang kering dengan suhu ruangan.

Ingat juga, kalau ingin menyimpan sepatumu dalam waktu yang lama, pastikan sudah mencucinya hingga bersih ya. Selain itu, walau nantinya sangat jarang dipakai, tetap bersihkan sepatu dari debu secara berkala ya.

Nah, mulai sekarang, lebih hati-hati dalam merawat sneakers andalanmu ya!

Berita Terkait

Berita Terkini