Ramah Lingkungan, 3 Sneakers Putih Ini Layak Dicoba

Tampil keren sekaligus berkontribusi menjaga bumi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 27 September 2018 icon 18:19 WIB
Ramah Lingkungan, 3 Sneakers Putih Ini Layak Dicoba

VEJA. (Instagram/@veja)

Kamu masih bertanya-tanya apa sih pentingnya memakai sneakers ramah lingkungan? Kalau iya, berarti kamu perlu membaca ulasan DewiKu satu ini.

Pada tahun 2016 lalu, Indonesia menduduki peringkat keeampat konsumen sepatu terbesar di dunia. Angka pembelian sepatu mencapai 875 juta pasang dan jumlah itu terus meningkat di tahun berikutnya.

Dengan semakin banyaknya permintaan konsumen, maka dibutuhkan semakin banyak material pembuatnya. Material yang dimaksud misalnya kulit, karet, dan sintetis yang mana jika tidak bisa didaur ulang sehingga bakal berdampak buruk bagi lingkungan.

Baca Juga: Burberry Dinobatkan sebagai The Most Sustainable Luxury Brand

Sama saperti item fashion lainnya, sneakers melewati serangkaian proses. Ada banyak tahapan yang dilakukan, mulai dari proses pemanasan, pencetakan, pemotongan dan lainnya. Semuanya jelas membutuhkan banyak energi dan menghasilkan banyak sampah kimia. Seperti yang kita tahu, sampah kimia bisa meracuni lingkungan dan pekerjanya.

Nah, mempertimbangkan membeli sepatu ramah lingkungan adalah salah satu cara terbaik untuk ikut berkontribusi menjaga bumi. Sudah banyak kok produsen atau brand yang sudah menjual sneakers ramah lingkungan. Tiga di antaranya adalah sneaker putih berikut ini.

1. Adidas

Baca Juga: Kontroversi Sepatu Rusak yang Dijual Seharga Rp 7,8 jutaan

Sneakers Stella McCartney X Adidas Stan Smith. (Stellamccartney)
Sneakers Stella McCartney X Adidas Stan Smith. (Stellamccartney)

Bulan September ini, Adidas baru saja berkolaborasi dengan desainer Stella McCartney untuk meluncurkan sneakers Stan Smith.

Sepatu ramah lingkungan tersebut menggunakan kulit imitasi sebagai bahan dasar dan lem non hewani sebagai perekatnya. Lem hewani ini dipilih sebagai cara untuk mendukung sepatunya jadi produk yang paling ramah lingkungan, bahkan untuk yang vegetarian sekalipun.

2. Reebok

NPC UK Cotton + Corn. (Dezeen)
NPC UK Cotton + Corn. (Dezeen)

Brand alas kaki asal UK ini juga akhirnya meluncurkan sneakers ramah lingkungan pertamanya. Sepatu yang dinamai 'NPC UK Cotton + Corn' itu menawarkan keseluruhan sepatu yang terbuat dari tanaman.

Bagian atas sepatu terbuat dari 100 persen kapas organik. Solnya terbuat dari pengganti karet berbasis jagung dan insole yang terbuat dari minyak jarak. Selain itu bebas pewarna kimia karena memakai warna putih kapur asli dari bahan baku.

3. VEJA

VEJA. (Instagram/@veja)
VEJA. (Instagram/@veja)

VEJA mungkin tidak seterkenal dua di atas. Namun, brand sneakers Perancis yang dibuat di Brazil ini menjadi salah satu brand favorit para elit fashion.

Baca Juga: PUMA Rilis Koleksi Terbaru Bareng Idol Group BTS

Selain modelnya yang minimalis dan up to date, hal menarik dari VEJA adalah menggunakan bahan-bahan organik dan sustainable. Seperti vegetable tanned leathers, organik dan fairtrade katun, wild rubber, sampai plastik yang bisa didaur ulang. Harganya juga relatif terjangkau, lho.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI