Kamus Fesyen, Ini Istilah Dunia Mode yang Harus Kamu Tahu

Sudah tahu artinya?

By: Agung Pratnyawan icon Selasa, 15 Januari 2019 icon 06:00 WIB
Kamus Fesyen, Ini Istilah Dunia Mode yang Harus Kamu Tahu

Ilsutrasi gaya fashion Michelle Obama. (Balenciaga)

Dunia fesyen terkenal memiliki beragam istilah yang kadang bikin kita geleng-geleng kepala ketika mendengarnya. Jika kamu sudah cukup familiar dengan vintage, chic, edgy dan casual, maka kini Dewiku berikan beberapa istilah fashion yang jarang di dengar tapi tetap penting untuk kamu ketahui.

Androgynous style
Bagi para pecinta mode, mendengar istilah andro selalu identik dengan kata fleksibel. Yup, androgynous style adalah istilah yang bisa digunakan untuk menyebut busana yang fleksibel, sehingga bisa dipakai oleh cewek atau cowok. Contoh: Blazer dan oxford shoes.

Avant-garde
Sosok yang paling mudah untuk menjelaskan istilah avant-garde adalah Lady Gaga. Yup, kamu pasti langsung paham kan, seperti apa fashion avant-garde sebenarnya. Dalam bahasa Inggris, avant-garde merupakan kata sifat yang merujuk kepada orang atau karya yang bersifat kreatif dan unik.

Baca Juga: Fashion Disaster yang Harus Kamu Hindari saat Pesta Tahun Baru

Gaya fesyen ini seringkali keluar dari pakem-pakem busana pada umumnya, jadi secara awam, banyak orang yang menyamakan avant-garde sebagai hal yang nyentrik. Ya, kayak Lady Gaga gitu deh.

Lady Gaga. (Instagram/@ladygaga)
Lady Gaga. (Instagram/@ladygaga)

Capsule wardrobe
Istilah ini dipakai untuk menyebut kombinasi fesyen item terbatas, tapi bisa menciptakan banyak look dengan hanya beberapa baju. Dengan kata lain, capsule wardrobe adalah fesyen item yang kamu pakai untuk mix n match.

Faux Pas Fashion
Girls, Perancis memberikan pengaruh besar dalam dunia mode, termasuk menyumbang berbagai istilah fesyen yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang, seperti faux pas. Dalam bahasa Perancis, faux pas artinya melenceng alias anti mainstream. Misal, cowok pakai rok atau dasi yang ditumpuk diatas kemeja super ketat dan celana kain super pendek.

Baca Juga: Hampir Setengah Abad, Artis Hongkong Ini Masih Hobi Bergaya Nyentrik

Fashion Editrix
Dirangkum dari berbagai sumber, istilah ini beken pada masa kejayaan Anna Wintour, Editor-in-Chief majalah Vogue USA. Pada masa itu, ada istilah yang dipakai untuk memanggil editor majalah fashion yang memiliki pengaruh besar buat dunia fashion. Istilah ini disebut dengan Fashion Editrix, gabungan dari Editor dan Dominatrix.

Anna Wintour. (Instagram/@wintourworld)
Anna Wintour. (Instagram/@wintourworld)

Haute Couture
Gaya fashion ini untuk menyebutkan style yang lebih elegan dari kata berkelas. Dalam bahasa Indonesia, kita bisa menyebutnya dengan adibusana, yaitu busana spesial yang dibuat dengan sangat hati-hati dan dari bahan yang sangat berkualitas.

Teknik pembuatannya biasanya menggunakan level tinggi yang cukup rumit dan ukurannya sangat detail, sesuai dengan karakteristik si pemesan. 

Baca Juga: Zara Jadi Bahan Ejekan Gara-Gara Pasang Foto ini di Katalog

Pret-a-Porter
Pret-a-porter sebenarnya sebutan ready to wear dalam bahasa Perancis. Istilah ini merujuk pada koleksi dari suatu label yang siap digunakan dan diproduksi secara massal. Umumnya, fashion pret-a-porter ditandai dengan berbagai ukuran di pasaran seperti S, M, L dan XL.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI