Jangan Dipakai Terus, 5 Item Fesyen Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Tubuh

Item fesyen apa yang bisa mengganggu kesehatan tubuh?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 20 April 2019 icon 12:45 WIB
Jangan Dipakai Terus, 5 Item Fesyen Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Tubuh

Beberapa sepatu produk Payless. (Instagram/@paylessid)

Saat memilih pakaian, hal yang sering jadi pertimbangan adalah trend dan kenyamanan. Namun, rasanya pertimbangan itu belum cukup. Sebab, adalah beberapa jenis pakaian dan aksesori yang nyaman dipakai, modis, tapi berbahaya bagi kesehatan tubuh jika digunakan setiap hari.

Pakaian dan aksesoris ini tidak secara langsung memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh wanita. Hanya saja, mereka mungkin akan merasakan efeknya setelah cukup lama berlalu dan terlalu sering memakainya.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh George Bernard Shaw. Dilansir dariBrightside, dia menyebut ada hubungan erat antara fesyen wanita dengan berbagai penyakit. Sayangnya, hampir semua wanita mungkin tak pernah menyadari bahaya yang mengancam kesehatan tubuhnya itu.

Baca Juga: Kreatif Abis, DIY Shoulder Bag dari Kaus Bekas

Mulai baju tidur hingga kacamata hitam, berikut lima item fesyen barang yang menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh dalam waktu jangka panjang.

1. Piyama

Semua orang bisa jadi punya piyama untuk tidur agar lebih leluasa dan nyaman sepanjang malam. Namun, nyatanya piyama bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan tubuh jika dikenakan setiap hari.

Baca Juga: Tak Lekang oleh Waktu, Ini 5 Merek Sepatu Ikonis yang Selalu Eksis

Apalagi piyama yang ketat, pakaian ini akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab iritasi kulit, gatal dan infeksi jamur. Oleh arena itu, wanita disarankan untuk tidak memakai piyama dan pakaian dalam sekali pun saat tidur.

Mengenakan piyama. (Unsplash/Kristina Petrick)
Mengenakan piyama. (Unsplash/Kristina Petrick)

2. Handbag

Saat ini handbag atau tas tangan sangat populer di kalangan wanita dengan berbagai macam modelnya. Rasanya jadi terlihat lebih anggun jika membawa handbag saat berpergian.

Sayangnya, handbag ini justru memberikan efek kurang baik untuk kesehatan kita. Hal itu karena kita terus menerus membawa tas di satu bahu dan itu membuat ketidakseimbangan bahu.

Bukan tak mungkin jika para wanita yang suka membawa handbag itu bakal mengalami kejang otot, penyumbatan pembuluh darah dan saraf terjepit.

3. Kacamata hitam

Biasanya wanita mengenakan kacamata hitam sebagai aksesori agar terlihat trendi, tapi ada juga yang demi melindungi mata dari teriknya sinar matahari.

Sayangnya, mereka tidak bisa mengenakannya di malam hari karena kurangnya cahaya justru akan mengakibatkan mata tegang. Kondisi itu dapat meningkatkan risiko katarak.

FYI, kacamata hitam juga tidak dipercaya 100% mampu menjamin keamanan atau kesehatan mata dari sinar UV.

Ilustrasi kacamata. (Unsplash/Frankie Codroba)
Ilustrasi kacamata. (Unsplash/Frankie Codroba)

4. Jeans

Sejumlah perempuan mungkin lebih memilih mengenakan jeans karena terasa nyaman dan pantas digunakan untuk momen apapun. Hanya saja, celana jeans ketat atau skinny jeans tidak baik jika dikenakan terus menerus setiap hari.

Celana jeans ketat bisa mengganggu sirkulasi darah yang mengarah ke varises dan selulit. Pada akhirnya kulit akan sulit 'bernapas' karena terlalu ketat.

5. Flat shoes

Beberapa orang mungkin lebih nyaman mengenakan sepatu datar agar lebih energik dan enteng ketika berpergian. Ada pula yang memilih flat shoes agar lebih simple dan cocok dalam acara apapun.

Baca Juga: Lucu, Ada Tas Berbentuk Kantong Teh Celup

Sayangnya, kedua jenis sepatu wanita itu semuanya bisa membahayakan kesehatan tubuh kita jika dipakai setiap hari. Hal itu rupanya bisa menyebabkan pembuluh darah membesar dan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini bisa menimbulkan sakit kaki dan sakit punggung. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI