4 Benda Paling Kotor, Salah Satunya Paling Sering Kamu Pakai

Beberapa benda yang kamu gunakan setiap hari ternyata menyimpan lebih banyak kuman dibandingkan toilet.

By: Vania Rossa icon Kamis, 07 Juni 2018 icon 11:10 WIB
4 Benda Paling Kotor, Salah Satunya Paling Sering Kamu Pakai

Ilustrasi tas perempuan. (Shutterstock)

Banyak orang memperlakukan toilet sebagai tempat paling kotor sedunia, dan menjadi sangat berhati-hati ketika akan menggunakannya, mulai dari menyemprot desinfektan dan rutin membersihkannya setiap hari. Tapi tahukah kamu, ada benda paling kotor di dunia, yang sebenarnya kamu gunakan setiap hari dan menyimpan lebih banyak kuman dibandingkan toilet?

Jika kamu tidak percaya, inilah beberapa daftar benda paling kotor yang lebih layak untuk dihindari mengingat kandungan kuman dan bakterinya yang bisa membuat Anda sakit. Dan, jangan kaget kalau salah satunya adalah benda yang paling sering kamu pakai setiap hari.

1. Tas perempuan
Kamu pasti tidak menyangka kalau tas perempuan mengandung lebih banyak kuman dibandingkan toilet. Tidak seperti pakaian yang selalu berganti setiap hari, kamu pasti tidak mengganti tas setiap hari, kan? Bahkan jika kamu mengganti tas setiap hari pun, kamu pasti tidak bakal mencucinya setiap hari seperti halnya pakaian. Iya, kan?

Padahal, tas merupakan benda yang selalu dibawa kemana-mana, termasuk ke dalam toilet sekalipun. Dan tidak seperti dompet yang disimpan di dalam tas, tas selalu terekspos dengan udara luar. Bahkan, tak sedikit perempuan yang memperlakukan tas dengan seenaknya, seperti meletakkannya di lantai toilet, lantai bus, atau restoran.

Untuk menyingkirkan kumpulan kuman yang mendiami tas, ada baiknya kamu mulai memperlakukan tas dengan baik. Misal, alih-alih meletakkannya sembarangan, cobalah biasakan menggantung tas di pegangan pintu saat di toilet, atau sandaran kursi ketika di restoran.

2. Remote control
Kamu tidak akan membersihkan tangan sebelum memegang remote control, meski tangan kamu berminyak, berdebu, atau sedang memegang makanan. Itu sebabnya, akan mudah bagi kuman dan bakteri untuk berpindah dari tangan ke remote control. Apalagi, remote control memiliki banyak sekali celah dan tombol sebagai tempat persembunyian, yang semakin menyulitkanmu untuk membersihkannya.

Jadi, bagaimana solusinya? Kamu memang tak mungkin secara rutin membersihkan remote control dengan membuka casing remote dan membersihkan ke bagian belakang tombol-tombolnya. Tapi, untuk meminimalkan kuman dan bakteri bersembunyi di dalamnya, lindungi remote control dengan sarung khusus remote. Keuntungannya, kamu jadi lebih mudah untuk membersihkannya karena tak ada celah yang tersembunyi.

3. Sikat gigi
Selain bakteri yang berasal dari mulut si pemilik sikat, kuman di sikat gigi juga bisa berasal dari toilet terdekat, yang melayang ke luar saat seseorang menyiram toilet tanpa menutupnya terlebih dahulu.

Nah, agar kuman di toilet tak melayang-layang dan hinggap di peralatan mandi, biasakan untuk menutup toilet sebelum memencet tombol flush. Dan cobalah untuk merendam kepala sikat gigi di dalam obat kumur selama maksimal 15 menit agar bebas kuman.

4. Handuk mandi
Seberapa sering kamu mengganti handuk mandi? Jika jawabannya setiap kali habis mandi, maka kamu tak perlu khawatir pada ancaman bakteri pada handuk mandi. Tapi jika kamu baru mengganti handuk ketika sudah kotor, atau sekitar seminggu sekali, maka kamu perlu mewaspadai tumpukan bakteri pada handuk.

Handuk yang basah dan lembap merupakan kondisi kesukaan para bakteri untuk hidup dan berkembang biak. Kalaupun kamu tak ingin mengganti handuk setiap habis pakai, usahakan untuk menjemurnya di bawah sinar matahari langsung untuk mengeringkan handuk. Dan, ganti handuk setidaknya setelah 3 hari pemakaian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI