Lifestyle

Biar Nggak Boros, Ini Tips Belanja Online Murah

Sama-sama mesti telaten dan cermat biar dapat harga murah tapi kualitasnya enggak payah.

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi belanja online/pexels.com
Ilustrasi belanja online/pexels.com

Dewiku.com - Belanja online memang menyenangkan dan bikin ketagihan. Transaksinya mudah, tinggal buka laptop di rumah atau malah cukup berburu barang yang diinginkan via aplikasi belanja online di handphone di manapun dan kapanpun. 

Namun, siapa di sini yang tidak setuju kalau belanja online rawan bikin dompet bocor? Mentang-mentang tinggal klik, semuanya masuk keranjang belanja.

Sudah terlanjur bayar, ternyata baru sadar kalau ada barang lain yang harganya lebih murah. Rasanya sebel gitu kan?

Nah, biar kamu enggak menyesal, berikut beberapa tips belanja online murah yang harus diperhatikan. 

1. Telaten membandingkan harga

Langkah ini mungkin terkesan ribet dan memakan waktu. Kamu perlu mengunjungi beberapa situs belanja online maupun akun-akun media sosial milik online shop untuk membandingkan harga yang mereka tawarkan.

Kalau kamu telaten, pasti ketemu harga yang paling pas. 

Ada banyak barang yang mungkin tidak harus dibeli dalam kondiri baru, misalnya buku atau perabotan rumah rangga. Tidak ada salahnya melirik online shop yang spesialisasinya jual-beli barang bekas.

2. Manfaatkan kupon belanja dan program diskon

Ilustrasi diskon belanja/ pexels.com

www.pexels.com

Lagi-lagi memang harus telaten. Luangkan waktu untuk berburu kupon diskon. Saat ini berbagai situs belanja online juga semakin rajin menggoda konsumen dengan kode voucher yang lumayan bisa bikin hemat.

Promo diskon biasanya bertebaran pada momen tertentu, seperti menjelang hari raya, akhir tahun atau awal tahun, hingga perayaan ulang tahun dari online shop bersangkutan. Bersabarlah hingga hari itu datang. Diskonnya pasti besar-besaran.

3. Urusan ongkir juga jangan dilewatkan

Selain diskon, kamu juga tidak boleh kelewatan promo ongkos kirim alias ongkir. Kamu mesti rajin-rajin mengecek online shop andalan biar langsung tahu kalau lagi ada promo.

Selain itu, sebenarnya sudah terdapat beberapa situs belanja online yang memang selalu memberikan subsidi ongkos kirim setiap hari, bahkan gratis.

Biasanya, pembebasan biaya ongkir akan diberlakukan jika kamu memenuhi batas minimal belanja yang mereka tentukan.

4. Lakukan transaksi saat Harbolnas

Ilustrasi belanja/pexels.com

www.pexels.com

Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas adalah pesta belanja tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2012. Pada hari itu, promo besar-besaran akan datang. 

Walaupun begitu, kamu tetap enggak boleh kalap. Harus tetap bijak saat berbelanja. Kamu masih mesti pintar-pintar membandingkan harga. Bukan cuma antar online shop saja, melainkan dengan harga di luar Harbolnas.

Antisipasi saja, barangkali ada online shop yang sengaja menaikkan harga sebelum seakan-akan memberikan diskon tinggi. Harga barang yang kamu mau, bisa jadi tetap sama saja atau malah lebih mahal.

Berita Terkait

Berita Terkini