Lifestyle

4 Tips Penting Biar Tetap Nyaman saat Belanja Baju Lebaran

Belanja baju Lebaran memang butuh perjuangan, mulai dari berburu diskon sampai mesti rela berdesakan dengan pembeli lain di pusat perbelanjaan.

Tinwarotul Fatonah | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi belanja/pexels.com
Ilustrasi belanja/pexels.com

Dewiku.com - Mengenakan pakaian baru saat Lebaran seolah sudah menjadi tradisi. Tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan saat memasuki penghujung Ramadan seperti sekarang.

Berdesak-desakkan dianggap wajar demi mendapatkan pakaian terbaik di hari raya. Kadang malah pakai acara rebutan sama pembeli yang lain juga. Namun, apakah memang harus begitu setiap tahun? Enggak mau bikin sesi belanja Lebaran jadi lebih nyaman gitu?

1. Tidak ada salahnya belanja sejak awal puasa

Belanja jauh-jauh hari memang kurang diminati. Diskon yang ditawarkan masih sedikit sih. Berbeda kalau kalau mendekati Lebaran. Diskon besar-besar bertebaran di mana-mana. Tunjangan Hari Raya alias THR juga biasanya sudah turun sehingga merasa lebih enteng mengeluarkan uang.

Namun, sebagian masyarakat sudah membiasakan belanja baju dan kebutuhan Lebaran lainnya sejak awal Ramadan. Alasannya biar bisa lebih santai saat di pusat perbelanjaan, sengaja menghindari suasana yang penuh sesak.

Harganya memang sedikit lebih mahal. Tapi kalau kamu bukan termasuk ibu-ibu yang kuat berjibaku saat membeli baju diskonan, mending beli di awal puasa saja.

2. Berangkat pagi

Ilustrasi foto / pexels.com

www.pexels.com

Kalaupun tetap bersikeras menunggu THR cair, pastikan berangkat belanja sepagi mungkin ya. Kalau perlu malah sudah harus sampai sebelum tokonya buka. Ini untuk memperkecil kemungkinan menghadapi situasi pusat berbelanjaan yang terlalu ramai.

Datang cepat, pilih baju yang diinginkan, bayar, lalu pulang sebelum siang. Jadi saat kerumunan pemburu diskon mulai terlihat menjelang siang, kamu sudah selesai dengan urusanmu.

Cara ini juga sangat disarankan untuk kamu yang ingin belanja bareng anak. Anak-anak biasa gampang rewel kalau berada di tempat yang terlalu ramai kan? Selain lebih nyaman, berangkat pagi juga memperkecil risiko anak hilang di pusat perbelanjaan.

3. Manfaatkan fasilitas jasa titip

Bisnis jasa titip alias jastip bisa jadi penyelamatmu. Kamu bahkan tidak perlu datang langsung untuk berbelanja.

Kamu cukup memantau promo diskon lewat akun-akun jastip di berbagai media sosial. Biasanya mereka sangat responsif banget sama yang namanya diskon dan menawarkan jasanya kepada calon konsumen.

Ilustrasi diskon belanja/ pexels.com

www.pexels.com

4. Bukan cuma sekadar murah, tetap harus nyaman dipakai

Sebenarnya kamu memang perlu memperhatikan faktor kenyamanan setiap kali membeli baju. Jangan gelap mata dengan diskon dan harga murah. Cek juga kualitas bahannya, misal pilih yang lembut, menyerap keringat, dan tidak memberikan efek gerah saat dikenakan sepanjang hari.

Kegiatanmu saat Lebaran nanti pasti sangat padat kan? Salat Idul Fitri, silaturahmi ke sanak keluarga dan tetangga, mungkin juga ada yang kebagian jadi tuan rumah open house. Jangan sampai baju yang kamu gunakan membuatmu tidak nyaman beraktivitas.

Berita Terkait

Berita Terkini