Lifestyle

Tidak Bisa Menabung ? Ikuti Panduan Ini Girls

Menabung itu intinya cuma susah di awal aja kok.

Rendy Adrikni Sadikin | Yasinta Rahmawati

pixabay.com
pixabay.com

Dewiku.com - Mengelola gaji bulanan itu memang susah-susah gampang, apalagi di usia relative muda seperti generasi milenial saat ini.

Majunya teknologi, munculnya makanan-makanan viral, social media dan semuanya yang serba instan membuat generasi saat ini cenderung konsumtif dan mengesampingkan saving.

Terkadang malah sebelum tiba gajian dompet sudah sesak nafas.

Masa sudah kerja bertahun-tahun lamanya tapi tidak sepeser pun uang terkumpul?

Untuk para millennial yang masih sulit mengatur keuangan, Dewiku.com beri tips menabung  yang bisa dijadikan panduan mengumpulkan uang dengan cepat dan tepat.

1. Lacak Pengeluaranmu Selama Sebulan

Pertama-tama, sebelum memperbaiki keadaan, analisa dulu kondisi keuangan kamu saat ini.

Selama sebulan, catat semua jenis pengeluaran dan pemasukan kamu secara terperinci. Sekarang ada berbagai aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan.

Dari sini kamu bisa mengevaluasi pengeluaran mana yang terlalu besar atau dirasa tidak wajar. Setelah tahu, coba diatur kembali agar ada uang sisa untuk ditabung.

2. Menyisihkan Dana untuk Investasi

Begitu terima gaji, langsung alokasikan 40 persen gaji untuk dana investasi. Investasi sedini mungkin lebih bagus karena ketika sudah menginjak umur 30, hanya mampu mengalokasikan 20 persen gajinya untuk menabung karena sudah banyak cicilan.

Investasi sebaiknya diarahkan ke mana? Rata-rata ahli keuangan menjawab berinvestasilah ke reksadana, saham atau emas.

3. Minimalisir Penggunaan Kartu Kredit

Jangan sekali-sekali berpikir untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit! Terlalu banyak menggunakan kartu kredit hanya akan membuatmu terbiasa berhutang, padahal belum tentu kamu selalu bisa membayar tagihannya.

4. Jangan beli jika tidak uang belum dua kali harga barang

Maksudnya, bila uang tunai di dompetmu jumlahnya kurang dari dua kali harga barang yang ingin dibeli, maka jangan beli barang itu. Misalnya, kamu ingin membeli tas seharga Rp 300.000, tapi uang tunaimu hanya Rp 100.000.

Hal ini akan membuatmu membuang jauh-jauh keinginan untuk menarik uang dari ATM dan melatih mentalmu untuk tidak impulsive belanja.

5. Bawa Bekal

Tipsini terdengar sepele, namun pengaruhnya signifikan lho. Coba pikirkan, berapa banyak uang dikeluarkan untuk makan di luar setiap harinya dibanding membawa bekal sendiri?

Selain jauh lebih murah, membawa bekal tiap hari juga lebih higienis. Dengan rutin bawa bekal, kamu bisa mengalokasikan sebagian dana makan ke tabungan.

Melakukan hal-hal di atas mungkin terasa berat di awal. Yang terpenting adalah niat dan disiplin , maka lama-lama terbiasa menabung.

Kalau sudah begitu tabungan pun akan menumpuk dan tak perlu khawatir lagi jika terjadi hal-hal tak terduga. Yuk mulai menabung!

Berita Terkait

Berita Terkini