Lifestyle

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Ikan

Kamu malas makan ikan? Pikir-pikir lagi deh!

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

ikan/pixabay.com
ikan/pixabay.com

Dewiku.com - "Tidak Makan Ikan? Tenggelamkan!" Kalimat yang diucapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini memang ikonik banget.

Walaupun kalimat itu tidak bermakna harfiah, namun yang dikatakan Bu Susi itu banyak benarnya.

Kalau selama ini kamu malas makan ikan hanya karena malas membuang durinya, ribet makannya atau karena tampilannya saja, sebaiknya pikir dua kali. Sebab, ikan punya segudang manfaat untuk tubuh.

Bila dibandingkan daging sapi dan ayam, kalori ikan lebih rendah namun tetap tinggi protein. Belum lagi manfaat dari kandungan asam lemak omega-3, kalsium, vitamin, dan mineral.

Masih belum yakin akan khasiatnya? Nah, berikut Dewiku.com rangkum alasan kenapa kamu harus makan ikan!

1. Baik untuk jantung

Mengkonsumsi jenis ikan laut dalam seperti makarel, tuna, salmon dan sarden diklaim baik untuk jantung.

Ikan-ikan tersebut banyak mengandung omega 3 yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Mencegah Kanker Kulit

Masih soal kandungan omega 3, rupanya mengonsumsi omega-3 yang terdapat pada minyak ikan bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menunda proses penuaan kulit.

Jadi dengan makan ikan, kamu sekaligus menjaga kecantikan kulit dari dalam.

3. Mencegah Pikun

Manfaat lain dari mengonsumsi omega-3 dalam ikan adalah mencegah kepikunan. Rutin mengonsumsinya akan dapat mempertajam ingatan kamu.

Sebuah studi gabungan oleh Rush University Medical Center di AS dan Universitas Wageningen Belanda mempelajari lebih dari 900 orang dengan usia rata-rata 80-an tahun yang rajin makan ikan  tak cepat mengalami penurunan kognitif. (*) 

Berita Terkait

Berita Terkini