Malas Olahraga, Ini Solusinya Buang Kalori Sehabis Lebaran

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk membakar kalori dan mengikis lemak-lemak warisan Lebaran.

By: Tinwarotul Fatonah icon Minggu, 17 Juni 2018 icon 11:19 WIB
Malas Olahraga, Ini Solusinya Buang Kalori Sehabis Lebaran

Ilustrasi foto / pexels.com

Hidangan lebaran memang bikin kalap. Hampir semuanya serba berlemak, santan, dan manis. Tidak heran kalau berat badan yang sudah dijaga selama bulan puasa bisa naik dalam sekejap. Baru 1-2 hari saja, kamu sudah kebingungan memikirkan bagaimana caranya membuang kalori yang menumpuk dalam tubuh.

Sebenarnya, cara paling efektif untuk mengendalikan berat badan paska berlebaran adalah mengatur kembali pola makan dan rajin berolahraga. Namun, kebanyakan dari kita malas untuk melakukan olahraga, bahkan sekadar lari pagi. Alasannya, ingin menikmati waktu liburan yang tersisa dengan bersantai saja.

Lalu bagaimana alternatif jalan keluar untuk mengembalikan berat badan idealmu tanpa olahraga? Yuk, disimak!

1. Olahraga ringan ala bersih-bersih rumah

Ilustrasi mengepel lantai / pixabay.com

www.pixabay.com

Setelah lebaran, rumah biasanya jadi berantakan dan relatif kotor. Entah karena lama ditinggal mudik atau malah jadi tuan rumah acara open house. Nah, itulah peluang untuk membakar kalori. Bersihkan dan tata kembali rumahmu. Kamu akan banyak bergerak dan berkeringat sehingga secara tidak langsung bisa dibilang sekalian membakar kalori juga.

2. Menemani anak-anak bermain di luar rumah

Ilustrasi anak-anak bermain / pexels.com

www.pexels.com

Ajak anak-anak bermain di taman dekat rumah atau jalan-jalan kids corner di mall. Tapi bukan cuma untuk duduk-duduk sambil mengawasi mereka bermain dari kejauhan saja. Bermainlah bersama anak, ikuti ke mana dia bergerak dan melangkah. Rasanya sudah seperti olahraga kan?

3. Jangan mengemil di depan televisi

Ilustrasi menonton televisi / pexels.com

www.pexels.com

Sesekali mencomot camilan sisa lebaran itu sah-sah saja. Siapa lagi yang mau menghabiskan kalau bukan kita sendiri kan? Tapi, jangan sekali-kali bawa toplesnya ke ruang televisi. Saat asyik menonton, tanpa disadari kamu akan sulit berhenti dan terus mengunyah. Kalau mau ngemil, santap buah-buahan saja,

4. Mencuci motor atau mobil sendiri

Ilustrasi mencuci mobil / pixabay.com

www.pixabay.com

Ketimbang menggunakan jasa cuci kendaraan, lakukan saja itu sendiri. Besaran uang yang dihemat mungkin memang tidak seberapa. Namun, saat mencuci mobil atau motormu, sebenarnya kamu bisa sekalian melatih otot punggung, lengan, bahkan paha dan betis. Bayangkan saja berapa banyak kamu harus menggerakkan tubuh saat menyabuni, menggosok, dan membilas kendaraan kesayanganmu itu.

5. Perbanyak minum air putih

Ilustrasi air mineral / pexels.com

www.pexels.com

Selain baik untuk sistem metabolisme tubuh, air putih juga bisa menunda lapar atau menekan keinginan mengemil. Cobalah minum segelas air putih saat tiba-tiba ingin mengemil sesuatu atau makan berat lagi sebelum waktunya. Air putih ya, bukan sirup atau minuman manis lainnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI