Jangan Males, Baju Baru Harus Dicuci Dulu

Kalau masih punya kebiasaan seperti ini, mending dihentikan ya.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 25 Juni 2018 icon 16:21 WIB
Jangan Males, Baju Baru Harus Dicuci Dulu

Ilustrasi kaos t-shirt/pexels.com

Karena saking sukanya atau malas, mungkin beberapa dari kamu ingin langsung segera memakai baju yang baru dibeli. Padahal mencuci baju baru sebelum memakainya itu penting, lho.

Hal itu bukan tanpa alasan. Meski belum pernah dipakai dan terlihat bersih, baju baru bisa berpotensi menyebabkan masalah kulit. Berkut Dewiku.com rangkum tiga alasan kenapa baju barumu harus dicuci dulu sebelum dipakai.

1. Melalui Proses Kimia

Dalam proses pembuatannya, semua bahan pakaian melalui proses kimia. Zat pewarna seperti azo-aniline dan formaldehyde untuk mencegah kusut lazim digunakan. Jika langsung terekspos kulit, kedua bahan ini bisa memicu iritasi dan reaksi alergi. Sejumlah ilmuwan bahkan mempercayai kalau formaldehyde bisa meningkatkan resiko kanker.

2. Lama Di Toko

Enggak cuma bahan kimia dari industri pabrik, tapi juga partikel-partikel berbahaya lain yang mungkin menempel pada permukaan kain selama proses distribusi sebelum sampai ke retailer.

Selain itu, mungkin baju sudah pernah dicoba oleh orang lain. Jika orang itu mengalami infeksi kulit, maka penyakit bisa disebarkan melalui pakaian. Serat kain merupakan lingkungan yang paling disukai oleh kutu, bakteri, dan virus untuk berkembang biak.

3. Berkeringat Akan Membuka Pori-Porimu

Sebenarnya para ahli sudah memperingatkan adanya potensi risiko kontaminasi virus dan bakteri dari baju baru. Kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Dan ketika kita berkeringat, pori-pori akan terbuka sehingga membuat patogen penyebab penyakit bisa masuk lebih mudah. Penyakit seperti flu, infeksi jamur, hingga ruam kulit pun bisa terjadi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI